Selasa 19 Jul 2022 05:58 WIB

Enam Makanan yang Meningkatkan Peradangan dalam Tubuh 

Peradangan dapat merusak jaringan sehat dan meningkatkan risiko sejumlah penyakit.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Makanan yang bisa menimbulkan peradangan. (ilustrasi)
Foto:

Makanan yang Digoreng

Setiap kali Anda menggoreng makanan dan terutama saat Anda menggunakan minyak yang sama berulang-ulang, ini bisa memicu inflamasi. 

Makanan dan Minuman Manis

Gula tidak selalu menyebabkan peradangan. Namun, konsumsi gula tambahan yang tinggi tentu saja dapat meningkatkan peradangan. Penelitian menunjukkan, orang yang mendapatkan 20 persen kalori harian mereka dari minuman manis memiliki kadar protein C-reaktif yang meningkat, penanda peradangan. 

Gula yang ditambahkan juga tinggi kalori namun rendah nutrisi. Terlalu sering mengonsumsi gula berarti memicu penambahan berat badan dan obesitas yang dikaitkan dengan peradangan kronis.

Makanan Kemasan 

Makanan olahan dapat memicu peradangan kronis dengan mengubah komposisi bakteri yang hidup di usus Anda.  Kue kering, biskuit, roti putih, dan produk karbohidrat olahan lainnya juga dengan cepat meningkatkan gula darah Anda, yang memicu respons peradangan saat tubuh Anda mencoba menurunkan kadar glukosa darah menjadi normal.

Makanan kemasan sering mengandung bahan kimia dan bahan lain yang menyebabkan peradangan. Misalnya, banyak makanan ringan asin yang diproses dibuat dengan minyak biji kapas. Karena biji kapas bukanlah makanan, maka biji kapas dapat diolah dengan pestisida beracun yang biasanya tidak diizinkan untuk digunakan pada produk.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement