Selasa 19 Jul 2022 00:40 WIB

Gejala Kanker Perut Juga Bisa Terlihat di Wajah, Seperti Apa?

Kanker perut juga dikenal sebagai kanker lambung.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi sakit lambung (Ilustrasi). Kanker perut alias kanker lambung gejalanya juga dapat terlihat di wajah berupa adanya papuloeritroderma.
Foto:

Mencegah kanker perut

Kanker perut alias kanker lambung adalah pertumbuhan sel-sel atonal yang tidak terkendali yang membentuk lapisan dalam lambung. Penyakit ini sering tidak menimbulkan gejala sampai stadium lanjut. Biasanya, pada saat kanker perut didiagnosis, prognosisnya buruk.

Mayoritas orang yang didiagnosis dengan kanker perut kebanyakan berusia di atas 60 tahun. Penyakit ini jarang terjadi sebelum usia 50 tahun.

Faktor risiko untuk kanker perut antara lain diet tinggi makanan yang diasap, diasinkan, atau diasamkan. Selain itu, riwayat iritasi perut yang persisten, operasi perut sebelumnya, atau kecenderungan genetik terhadap penyakit ini juga berpengaruh.

"Makan banyak buah dan sayuran dapat mengurangi risiko kanker perut," jelas Harvard Health.

Tak hanya itu, membatasi jumlah alkohol dan menghindari produk tomat sama pentingnya untuk pencegahan semua jenis kanker. Stanford Healthcare menyarankan untuk menghindari makanan acar, serta daging, dan ikan asin.

"Makanlah buah dan sayuran segar dan banyak makanan gandum, seperti roti gandum, sereal, pasta dan nasi," kata Stanford Healthcare.

Latihan fisik juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, bahkan jika itu tidak menyebabkan penurunan berat badan. Namun, penting untuk tetap langsing dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori atau membakar lebih banyak kalori dengan berolahraga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement