Kamis 14 Jul 2022 13:23 WIB

Tidur Siang 8 Menit Bisa Menyegarkan, Begini Cara Navy SEAL Melakukannya

Tidur siang sebentar banyak manfaatnya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang warga mengenakan masker tidur siang di bangku, Senin, 30 Mei 2022, di Beijing, China. Meninggikan posisi kaki saat tidur membantu otak tertidur lebih cepat.
Foto:

Pada 2017, the Navy’s Comprehensive Review of Recent Surface Force Incidents mengungkapkan bahwa kelelahan dan manajemen istirahat yang tidak efektif bertanggung jawab atas empat dari kecelakaan yang dirinci dalam laporan tersebut. US Navy Institute menjelaskan kurang tidur kronis dapat membahayakan kinerja, keamanan, dan misi sehingga setiap personel perlu menyadari tingkat kelelahan mereka dan memberi tahu jika utang tidur telah menjadi masalah.

"Tidur sangat penting untuk pemikiran kognitif, pengambilan keputusan, dan waktu reaksi," kata US Navy Institute.

Ketiga keterampilan ini tidak hanya penting untuk kelancaran operasi militer, tetapi juga memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari.

Gangguan tidur

Menurut data survei, sepertiga populasi orang dewasa di Inggris berjuang dengan insomnia secara teratur. Terlebih lagi, dua pertiga orang dewasa di Inggris dilaporkan menderita gangguan tidur.

Hampir seperempat tidur tidak lebih dari lima jam semalam. Efek dari kurang tidur dapat langsung dirasakan, menyebabkan penurunan kinerja, memori, dan suasana hati.

Upaya harus dilakukan untuk mencegah kurang tidur menjadi kronis. Sebab, hal ini dapat menimbulkan risiko yang mengkhawatirkan dalam jangka panjang. Beberapa potensi masalah yang paling serius terkait dengan kurang tidur kronis adalah tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, gagal jantung dan strok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement