Sabtu 16 Mar 2024 16:34 WIB

Ini Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh

Tidur tidak memerlukan waktu yang panjang dan bisa dilakukan di sela kegiatan.

Tidur siang (ilustrasi). Ada beragam manfaat tidur siang bagi tubuh.
Foto: Dok. Freepik
Tidur siang (ilustrasi). Ada beragam manfaat tidur siang bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Praktisi kesehatan masyarakat dr Ngabila Salama menyampaikan bahwa tidur siang yang berkualitas bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidur siang juga sebenarnya tidak memerlukan waktu yang panjang dan bisa kita lakukan di sela-sela kesibukan.

"Ada beragam manfaat tidur siang yang bisa kita sebagai manusia dapatkan, mulai dari menjaga konsentrasi dan kewaspadaan, meningkatkan suasana hati, sampai menurunkan tekanan darah," katanya saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu (16/3/2024).

Baca Juga

Ngabila menjelaskan, tidur memberikan efek relaksasi pada tubuh dan bila dilakukan secara rutin dalam jangka panjang bisa meningkatkan daya ingat, keterampilan motorik, dan persepsi indera. Menurut dia, tidur siang pun bisa meningkatkan performa dalam pekerjaan dan mengurangi risiko melakukan kesalahan.

"Manfaat tidur lain yang bisa dirasakan, terutama dari tidur siang, adalah membantu meningkatkan kewaspadaan diri, karena dapat memulihkan kembali otak yang kelelahan dari banyaknya informasi yang kita terima sehari-hari," katanya.

Saat tidur siang, Ngabila mengatakan, otak akan menghilangkan informasi-informasi yang tidak perlu dari bagian penyimpanan sementara sehingga otak bisa lebih efektif menyerap informasi yang baru.

Staf teknis komunikasi transformasi kesehatan Kementerian Kesehatan itu mengatakan bahwa tidur siang selama 15 menit setiap hari juga bisa membantu mengurangi stres.

"Kreativitas kita bisa meningkat jika tidur siang sebentar di sela kegiatan dan menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung karena penurunan hormon kortisol. Dengan tidur siang meski sebentar, stres bisa menurun dan tekanan darah tetap stabil," ia menjelaskan.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement