Kamis 30 Jun 2022 14:05 WIB

Banyak Gerak Saat Kecil Bisa Perkuat Ketajaman Berpikir di Usia Dewasa

Bugar saat masa kanak-kanak, kecepatan memproses informasi lebih tinggi saat dewasa.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Anak-anak bermain di Taman Sambas Asri, Panglima Polim, Jakarta Selatan, Selasa (28/6/2022). Aktif bergerak saat masa kanak-kanak ternyata dapat pertajam kemampuan berpikir saat dewasa.
Foto:

Studi terdahulu juga sempat menyoroti adanya hubungan antara kebugaran pada orang dewasa dengan kemampuan berpikir yang lebih baik di masa berikutnya. Selain itu, kebugaran di usia dewasa juga tampak mempengaruhi penurunan risiko demensia saat lansia.

Apa yang sebaiknya dilakukan orang tua?

Anak berusia di atas enam tahun dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik berintensitas sedang hingga berat selama 60 menit setiap hari. Orang tua sangat disarankan untuk membantu anak mencapai target ini.

"Membuat aktivitas fisik menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan dan positif itu penting," ungkap Callisaya.

Orang tua juga sebaiknya ikut terlibat saat anak melakukan aktivitas fisik. Hal lain yang bisa dilakukan orang tua adalah membatasi screen time atau durasi waktu anak untuk menggunakan gawai. Menurut studi dari Denmark, anak yang memiliki batasan waktu layar tiga jam per pekan cenderung melakukan aktivitas fisik 45 menit lebih lama setiap harinya dibandingkan dengan anak yang tak memiliki batasan screen time.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement