Senin 20 Jun 2022 16:10 WIB

Pemberian MPASI yang Baik Bisa Cegah Stunting, Begini Caranya

Ayah dan ibu perlu mengetahui strategi pemberian MPASI.

Menyuapi bayi (ilustrasi). Usahakan agar pemberian MPASI dimulai tepat waktu, adekuat, aman, dan higienis, serta diberikan secara responsif kepada anak.
Foto:

Pijat bayi

Sementara itu, ada cara penunjang yang bisa dilakukan ayah dan ibu agar berat badan dan nafsu makan si kecil meningkat. Pijatan pada buah hati secara rutin memiliki manfaat yang baik terhadap tumbuh kembang buah hati.

 

 

 

 

Ketua Perkumpulan Pelatih Pijat Bayi Indonesia (PERPIBI) yang juga instruktur pijat bersertifikasi Internaional Association of Infant Massage (IAIM), Tiur Hutagalung, menjelaskan pemijatan bayi memiliki banyak manfaat. Namun, sebaiknya pijat bayi dilakukan oleh orang tua sendiri, bukan orang lain. 

"Penting banget karena manfaatnya salah satunya menambah atau meningkatkan nafsu makan hingga mengurangi tangisan pada bayi dan banyak hal lain yang bisa didapat. Jadi yang seharusnya melakukan pemijatan bayi itu adalah orang tuanya, bukan orang lain. Jadi harus yang kenal dengan si bayi karena bayi sebaiknya dipijat pada saat bayi terbangun dan siap atau happy," kata Tiur dalam seminar pijat bayi dan relaunching PERPIBI di Jakarta, Ahad (19/6/2022).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement