Kamis 02 Jun 2022 00:30 WIB

Tiga Suplemen Vitamin Ini Malah Bikin Orang Makin Berisiko Kanker Paru

Konsumsi tiga suplemen vitamin ada kaitannya dengan peningkatan risiko kanker paru.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen vitamin (Ilustrasi). Konsumsi tiga suplemen vitamin telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker paru.
Foto:

Insiden kanker paru-paru hingga Desember 2005 diidentifikasi melalui hubungan dengan registri kanker Surveilans, Epidemiologi, dan Hasil Akhir. Apa yang dipelajari para peneliti? 

Menurut para peneliti, durasi yang lebih lama dari penggunaan individu (karoten, retinol, dan suplemen lutein) dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker paru-paru total yang signifikan secara statistik.

"Ada bukti bahwa diet sehat dengan banyak buah dan sayuran dapat mengurangi risiko kanker Anda," kata para peneliti, dilansir laman Express, Rabu (1/6/2022).

Untuk diet seimbang yang sehat sebaiknya kurangi produk olahan dan daging merah. Makan banyak daging olahan atau daging merah dapat meningkatkan risiko kanker usus.

Baca juga : 6 Penyebab Tubuh Berkeringat Saat Tidur, Salah Satunya Terkait Kanker

Selain itu, hindari alkohol. Minuman beralkohol dapat menyebabkan tujuh jenis kanker. 

Lalu, kurangi asupan makanan berkalori tinggi dan minuman manis. Makanan tinggi lemak, gula, atau kalori dapat mempersulit untuk menjaga berat badan yang sehat.

Diet seimbang yang sehat berarti makan sebagian besar buah dan sayuran, banyak biji-bijian (ini termasuk hal-hal seperti pasta cokelat dan roti gandum), dan sumber protein yang lebih sehat seperti ayam segar, ikan, atau kacang-kacangan (termasuk lentil dan biji-bijian).

Baca juga : Epidemiolog Minta Waspadai Virus Hendra yang Mematikan, Apa Itu?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement