Selasa 31 May 2022 00:35 WIB

Konsumsi Protein Whey Sebelum Makan Bantu Pengidap Diabetes Kelola Gula Darah

Mengonsumsi protein whey dapat bantu kelola gula darah pengidap diabetes.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Bubuk protein whey (ilustrasi). Minuman protein whey dapat memperlambat proses pencernaan makanan di dalam tubuh, sehingga tidak memicu lonjakan kadar gula darah.
Foto:

Hasil studi menunjukkan bahwa kelompok yang mengonsumsi minuman protein whey memiliki kadar gula darah yang terkontrol lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Kelompok ini rata-rata memiliki kadar gula darah yang normal sekitar dua jam lebih lama dibandingkan kelompok kontrol.

"Kami meyakini bahwa protein whey bekerja dalam dua cara," ungkap investigator utama dari Human Nutrition Research Centre and Diabetes Research Group di Newcastle University, dr Daniel West, seperti dilansir Independent, Sabtu (28/5/2022).

Cara yang pertama, protein whey membantu memperlambat durasi yang dibutuhkan oleh makanan untuk melewati sistem pencernaan. Cara kedua, protein whey menstimulasi beberapa hormon penting yang mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah.

"Seiring dengan bertambahnya jumlah orang-orang di dunia yang mengalami diabetes, menginvestigasi alternatif obat seperti suplemen makanan menjadi lebih penting," jelas dr West.

Menurut kandidat PhD, Kieran Smith, konsumsi minuman protein whey sebelum makan tampak disukai oleh para partisipan. Selain mudah dilakukan, minuman protein whey juga memiliki rasa yang lezat, serta mudah dibawa dan dibuat di mana saja sebelum makan.

Tim peneliti berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan melibatkan lebih banyak partisipan untuk durasi studi yang lebih lama. Tim peneliti juga berencana untuk meneliti alternatif protein lain, seperti protein nabati, untuk memberikan opsi bagi orang-orang yang menjalani diet vegan atau tak bisa mengonsumsi protein hewani karena alasan agama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement