Rabu 11 May 2022 02:00 WIB

Ini Bukti Diet Mediterania Terbaik untuk Cegah Serangan Jantung dan Strok

Pelaku diet Mediterania 26 persen lebih rendah kemungkinannya kena serangan jantung.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Pola makan ala diet Mediterania mengandung banyak sayur dan buah. Pola diet ini dinilai yang terbaik untuk cegah serangan jantung atau strok.
Foto:

Menu dalam diet Mediterania pun kaya akan jenis lemak sehat atau lemak tak jenuh. Sementara itu, konsumsi makanan olahan dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang lebih buruk, termasuk risiko kanker dan penyakit jantung yang lebih tinggi.

Sebaliknya, kelompok diet rendah lemak makan lebih banyak karbohidrat, sekitar 45 persen dari kalori harian. Mereka juga mendapat asupan lemak 12 persen lebih sedikit secara keseluruhan, termasuk lemak tak jenuh.

Berdasarkan data Mayo Clinic, lemak tak jenuh justru dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan melindungi dari serangan jantung dan strok. Penelitian terdahulu juga menemukan diet yang meningkatkan asupan lemak tak jenuh, seperti diet Mediterania, terkait dengan kesehatan jantung yang lebih baik.

Peserta yang menjalani diet Mediterania cenderung tidak menyerah hingga akhir periode penelitian. Hanya 46 orang peserta yang berhenti diet, sementara jumlah orang yang meninggalkan diet rendah lemak sebelum menyelesaikan penelitian hampir dua kali lebih banyak.

Pelaku diet Mediterania juga dapat mengikuti rekomendasi diet daripada kelompok rendah lemak. Semakin baik peserta mengikuti diet, semakin besar manfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Temuan tersebut didukung oleh bukti studi sebelumnya dan dukungan ahli bahwa diet Mediterania adalah salah satu cara yang paling berkelanjutan dan sehat untuk pengaturan pola makan jangka panjang. Penelitian menunjukkan manfaat tambahan dari diet ini antara lain risiko diabetes yang lebih rendah, risiko peradangan lebih sedikit, dan kesehatan kognitif yang lebih baik, dikutip dari laman Insider, Selasa (10/5/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement