Senin 09 May 2022 12:14 WIB

9 Langkah Cegah Anak Tertular Penyakit Infeksi

Mengapa anak yang sangat kecil lebih mungkin kena infeksi?

Anak demam (ilustrasi). Ada sejumlah langkah yang bisa ditempuh orang tua agar anak tidak mudah tertular penyakit infeksi.
Foto:

7. Kebersihan lingkungan

Untuk kebersihan lingkungan, mulailah dengan membersihkan permukaan rumah secara teratur, terutama di dapur dan kamar mandi serta area yang sering di sentuh. Lap permukaan dengan kain yang telah dibasahi deterjen dan air, lalu bilas dan keringkan permukaannya. Jika menggunakan disinfektan, jauhkan dari jangkauan anak-anak.

"Menjaga kebersihan lingkungan juga dapat mencegah penyakit-penyakit yang bersumber dari nyamuk seperti demam berdarah," kata Nina.

photo
Wabah Hepatitis Misterius - (Reuters)

Lalu, ajari anak untuk menjauhi hewan liar atau peliharaan yang tidak sehat.

8. Kebersihan makanan

Jangan lupa membersihkan kotak atau kaleng makanan sebelum membukanya, karena kotoran di luar kotak atau kaleng bisa saja masuk ke dalam makanan ketika dibuka.

Selain itu, Nina juga memberikan tips untuk membersihkan sayuran, buah serta daging. Nina mengimbau agar sayur, buah dan daging dibersihkan secara terpisah, karena daging mentah dapat mengontaminasi sayuran dan buah.

Cuci buah terlebih dahulu, sayur lalu daging. Sehabis mencuci atau mengolah daging, alat masak dan area masak harus dibersihkan dengan sabun dan jika mungkin dengan air panas.

"Masak bahan makanan sampai matang, termasuk telur agar menghindari dari infeksi bakteri, pastikan meminum air minum yang bersih dan matang," ujar Nina.

Simpan di kulkas atau bekukan daging, unggas, telur, seafood atau boga bahari, dan makanan mudah busuk lainnya dalam waktu dua jam setelah dimasak atau dibeli. Jangan menyimpan makanan kering maupun basah di dalam kamar tidur.

Makanan menarik serangga yang dapat menularkan penyakit. Jika menyimpan sisa minuman dalam gelas, tutup bagian atas gelas.

9. Hindari asap rokok

Merokok berdampak buruk bagi kesehatan perokok dan orang-orang di sekitarnya terutama bayi dan anak-anak. Jika bayi atau anak Anda memiliki masalah kesehatan yang khusus, sebaiknya konsultasikan kepada petugas kesehatan mengenai pencegahan spesifik pada anak.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement