Jumat 06 May 2022 00:19 WIB

Hepatitis Misterius Mewabah, Mungkinkah Varian Baru SARS-CoV-2 Penyebabnya?

Virus penyebab Covid-19 termasuk dalam hipotesis penyebab hepatitis misterius.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Virus corona penyebab Covid-19 (ilustrasi). UK Health Security Agency (UKHSA) merilis daftar hipotesis kemungkinan penyebab wabah hepatitis akut misterius pada anak. Varian baru SARS-CoV-2 termasuk di dalamnya.
Foto:

Sejauh ini, kemungkinan penyebab hepatitis misterius yang paling banyak mendapatkan sorotan adalah adenovirus tipe 41F. Adenovirus pada dasarnya merupakan virus yang umum.

Infeksi adenovirus biasanya menyebabkan gejala seperti flu dan gejala pencernaan. Pada anak, infeksi adenovirus umumnya memicu gejala yang ringan. Infeksi adenovirus yang berujung pada inflamasi hati atau hepatitis merupakan hal yang sangat jarang terjadi.

Melihat kasus yang semakin meluas, orang tua diharapkan dapat lebih mewaspadai gejala-gejala terkait hepatitis yang dialami oleh anak-anak mereka. Terkait hal ini, ada 10 gejala utama hepatitis yang perlu diketahui oleh orang tua.

Lima dari gejala tersebut adalah urine berwarna gelap, feses berwarna pucat atau abu-abu, kulit gatal, sakit kuning atau kulit dan area putih mata menjadi kuning, dan nyeri pada otot serta sendi. Lima gejala lainnya adalah demam tinggi, merasa mual, merasa lelah sepanjang waktu, kehilangan nafsu makan, dan nyeri perut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement