Sabtu 30 Apr 2022 13:53 WIB

Ternyata Jalan Lebih Cepat Bisa Bikin Panjang Umur

Makin cepat kita berjalan, kemungkinan umur harapan hidup juga makin panjang.

Jalan kaki (ilustrasi). Riset menyebut makin cepat kita berjalan, kemungkinan umur harapan hidup juga makin panjang.
Foto: PxHere
Jalan kaki (ilustrasi). Riset menyebut makin cepat kita berjalan, kemungkinan umur harapan hidup juga makin panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil riset terbaru dari Inggris menunjukkan orang yang punya kebiasaan berjalan lebih cepat kemungkinan berumur lebih panjang dibanding orang yang berjalan lamban. Makin cepat kita berjalan, kemungkinan umur harapan hidup juga makin panjang.

Hasil riset terbaru para ilmuwan dari Diabetes Research Center di University of Leicester Inggris menunjukkan kebiasaan berjalan kaki dengan tempo lebih cepat saat melakukan kegiatan harian dapat memperpanjang umur harapan hidup.

Baca Juga

Ilmuwan mengakui hingga kini masih banyak rahasia yang belum terungkap terkait proses penuaan. Misalnya, apa faktor penyebab sebagian orang sudah meninggal pada usia 65, tapi yang lainnya ada yang bisa bertahan hidup sampai usia 105 tahun.

Yang sudah diketahui, proses penuaan terutama dipengaruhi faktor genetis. Hasil  riset itu menunjukkan mengadopsi gaya berjalan lebih cepat bisa meningkatkan umur harapan hidup, bahkan hingga sepanjang 16 tahun.

Dari hasil riset, tim ilmuwan di Inggris itu juga menyimpulkan makin cepat tempo berjalan seseorang, terlepas dari aktivitas fisiknya, terbukti "telomer”nya menjadi lebih panjang.

Apa itu Telomer?

Telomer adalah semacam "topi pelindung” di ujung kromosom, yang memainkan peran kunci dalam proses penuaan. Telomer melindungi kromosom saat pembelahan sel, ibarat pelindung plastik di ujung tali sepatu supaya tali tidak melintir atau terurai.

Sel membelah diri setiap waktu. Makin sering sel membelah diri, maka ujung telomer akan semakin memendek. Jika pelindung ini lenyap sepenuhnya, proses pembelahan sel berhenti dan sel mati. Jika sel mati, jaringan tubuh manusia mulai menua.

Itu sebabnya "panjang" telomer yang kita miliki sangat penting. Sebab, makin panjang pelindung ini, juga proses pembelahan sel akan berlangsung makin lama, dan mencegah kita dari efek samping merugikan proses penuaan.

 

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement