Jumat 22 Apr 2022 15:27 WIB

Latihan dengan Pulpen Bisa Bantu Perbaiki Penglihatan, Bagaimana Caranya?

Latihan dengan pulpen dapat perlambat penurunan kemampuan penglihatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Kesehatan mata (ilustrasi). Fleksibilitas lensa alami berkurang seiring bertambahnya usia. Agar bisa melihat dengan lebih baik, latihan mata dengan pulpen bisa dilakukan.
Foto:

Latihan mata ini hanya memerlukan satu alat bantu sederhana. Alat tersebut adalah pulpen atau pensil. Untuk melakukan latihan ini, coba pegang pulpen atau pensil dan posisikan pulpen atau pensil tersebut sekitar 35 cm di depan hidung.

"Konsentrasi pada ujung (pulpen) dan secara perlahan bawa (pulpen) itu mendekat ke arah Anda," jelas tim ahli dari Hammond Opticians.

Dekatkan pulpen ke arah hidung sampai alat tulis tersebut terlihat ganda. Jangan pindahkan pulpen, tetapi alihkan pandangan mata untuk melihat objek lain yang jauh lalu biarkan mata rileks selama beberapa detik.

"Selanjutnya, pindahkan pulpen menjauh dari hidung sampai terlihat menjadi satu batang lagi," jelas tim ahli Hammond Opticians.

Menurut tim ahli Hammond Opticians, latihan mata ini bisa dilakukan berulang sebanyak 30 kali per hari. Perbaikan penglihatan akan mulai terasa setelah latihan ini dilakukan secara rutin selama empat hingga enam pekan.

Latihan lain yang bisa dilakukan adalah memegang pulpen atau pensil sedekat mungkin dengan hidung. Tahan sampai pulpen atau pensil yang semula terlihat ganda menjadi terlihat hanya satu batang.

Langkah selanjutnya, alihkan pandangan ke arah yang lebih jauh tanpa memindahkan pulpen dan biarkan mata istirahat selama beberapa detik. Kemudian, arahkan kembali pandangan kepada pulpen dan pastikan tampilan pulpen hanya satu, tidak berbayang menjadi ganda. Tahan posisi ini selama tiga detik. Latihan ini juga dapat dilakukan 30 kali per hari.

Secara umum, kesehatan mata juga perlu ditunjang dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sehat ini meliputi pola makan seimbang, olahraga rutin, serta menghindari rokok serta alkohol.

Penggunaan kacamata hitam yang baik juga bisa membantu melindungi mata dari paparan sinar UV. Hal lain yang tak kalah membantu adalah melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

Pemeriksaan atau tes mata sebaiknya dilakukan setiap dua tahun sekali. Namun, bila memiliki kekhawatiran mengenai penglihatan, tak perlu menunggu dua tahun dan bisa secepatnya berkonsultasi dengan dokter mata. Deteksi dini dan pemberian terapi yang lebih cepat untuk masalah kesehatan mata termasuk sebuah bentuk perlindungan imperatif bagi penglihatan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement