Selasa 15 Nov 2022 05:30 WIB

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Kebiasaan sehari-hari dapat memengaruhi kesehatan mata.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
6 Cara Menjaga Kesehatan Mata
Foto: www.freepik.com.
6 Cara Menjaga Kesehatan Mata

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengatasi gangguan penglihatan adalah masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Ada sejumlah faktor yang bertanggung jawab atas penglihatan yang buruk termasuk usia, genetika, lingkungan dan kebiasaan sehari-hari.

Dilansir dari India, Ahad (13/11/2022), ada indikasi kebiasaan sehari-hari dapat memengaruhi penglihatan seseorang dan berkembang menjadi komplikasi lebih lanjut jika tidak ditangani tepat waktu. Berikut enam cara untuk menjaga kesehatan mata.

Baca Juga

1. Batasi Waktu Gunakan Gawai

Pandemi dan budaya kerja dari rumah membuat orang harus bekerja hampir berjam-jam setiap hari. Gaya hidup seperti itu pasti dapat menyebabkan ketegangan yang signifikan pada mata Anda dan menyebabkan masalah terkait mata jika tidak diperiksa dengan benar.

 

Suatu kondisi yang sering dikaitkan dengan ini adalah screen-sightedness atau sindrom penglihatan komputer. Teknik 20-20-20 adalah cara sederhana namun efektif untuk sering-sering beristirahat guna mengurangi stres akibat penggunaan perangkat digital dalam waktu lama. Habiskan setidaknya 20 detik setiap 20 menit untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki.

2. Konsumsi Makanan yang Bermanfaat untuk Mata

Termasuk makanan yang mengandung asam lemak omega 3, seng, vitamin C, vitamin E, sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, telur, jeruk dan makanan laut dapat membantu menjaga kesehatan mata.

3. Tidur Secara Teratur

Kalau tidur tidak teratur dapat menimbulkan banyak dampak negatif bagi kesehatan baik jangka pendek maupun jangka panjang, termasuk melemahnya sistem kekebalan tubuh, penambahan berat badan, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, perubahan suasana hati dan masalah memori. Ini juga mempengaruhi kesehatan mata secara signifikan. Maka dari itu mulai sekarang tidur harus teratur.

4. Jangan Menggosok Mata

Menggosok mata dapat merusak penglihatan Anda. Lalu, dapat merusak pembuluh darah yang ada di bawah kelopak mata Anda. Saat mata teriritasi, alih-alih menggosok mata, coba gunakan kompres dingin.

5. Memakai Kacamata Hitam

Mata rentan terhadap sinar ultraviolet dan elemen cuaca yang dapat memengaruhi kesehatan penglihatan dengan berbagai cara. Mengenakan kacamata hitam yang tepat secara teratur dapat mencegah perkembangan degenerasi makula atau katarak. Selain itu, kacamata hitam juga membantu melindungi dari sindrom mata kering dengan menghalangi angin dan debu yang dapat masuk ke mata Anda.

6. Minum Air Secara Rutin

Air sangat penting bagi tubuh untuk membantu menjaga hidrasi. Mata bergantung pada air untuk membantu menjaganya tetap terlumasi dalam bentuk air mata. Sangat normal jika debu, kotoran dan kotoran lain yang ada di udara menyelinap ke mata. Dengan tidak adanya kelembapan, seseorang dapat mengalami mata kering, merah, atau bengkak. Karena itu, penting untuk tetap terhidrasi dengan mengonsumsi banyak air setiap hari.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement