Sabtu 16 Apr 2022 10:55 WIB

Puluhan Anak AS dan Eropa Alami Kerusakan Hati Parah, Penyebabnya Masih Misterius

Anak-anak yang tadinya sehat mengalami kerusakan hati parah.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Puluhan anak-anak di AS, Inggris, dan Irlandia Utara mengalami hepatitis akut parah yang menyebabkan kerusakan hati. Belum jelas penyebab penyakitnya.
Foto:

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) bekerja sama dengan Departemen Kesehatan Masyarakat Alabama menyelidiki kasus-kasus tersebut. Mereka menjangkau departemen kesehatan negara bagian lainnya untuk melihat apakah ada kasus lain.

"Adenovirus mungkin menjadi penyebabnya, tapi para peneliti masih mempelajari lebih lanjut, termasuk mengesampingkan penyebab hepatitis yang lebih umum," ujar juru bicara CDC, Kristen Nordlund.

Direktur medis transplantasi hati pediatri di Rumah Sakit Anak Colorado, dr Amy Feldman, mengatakan bahwa sejumlah kasus itu penting untuk ditindaklanjuti. Namun, orang tua tidak perlu terlalu khawatir tentang penyakit gastrointestinal khas yang umum pada anak-anak.

Stubblefield pun mendesak rekan-rekan kesehatan masyarakat di negara bagian lain untuk waspada terhadap kasus-kasus ini. Mereka diminta melaporkannya ke CDC atau departemen kesehatan negara bagian.

"Jika orang melihat gejala yang tidak biasa, khususnya terkait dengan adenovirus 41 atau adenovirus pada umumnya, mereka harus bekerja sama dengan departemen kesehatan negara bagian atau CDC sehingga kami dapat menjelaskan dengan lebih baik apa yang dilakukan ini dan bagaimana potensi penyebarannya," ujar Stubblefield.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement