Sabtu 29 Jan 2022 21:36 WIB

Bila tidak Dikonsumsi Hati-Hati, Jenis Nasi Ini Berbahaya bagi Lever

Konsumsi nasi yang tidak hati-hati bisa menyebabkan perlemakan lever.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Konsumsi nasi yang tidak hati-hati bisa menyebabkan perlemakan lever.
Foto: www.freepik.com.
Konsumsi nasi yang tidak hati-hati bisa menyebabkan perlemakan lever.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga kesehatan organ lever sangat penting. Pasalnya, lever adalah salah satu organ yang bekerja paling keras di dalam tubuh. Bagaimana cara menjaga kesehatan lever?

Menurut Johns Hopkins Medicine, hati melakukan lebih dari 500 fungsi vital. Ini termasuk segala sesuatu mulai dari memproduksi empedu hingga mengubah kelebihan glukosa menjadi glikogen hingga mengatur pembekuan darah. Hampir setiap racun dan zat berbahaya yang masuk ke tubuh Anda diproses melalui hati agar tidak membahayakan Anda.

Baca Juga

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan hati adalah dengan hati-hati memilih makanan yang Anda makan dan tidak makan. Menurut Everyday Health, karbohidrat olahan seperti nasi putih dikaitkan dengan perlemakan hati. 

Hati berlemak dapat menyebabkan penyakit hati yang berhubungan dengan obesitas, diabetes, dan serangan jantung. Untungnya, karbohidrat kompleks seperti beras merah dapat melindungi hati dari perlemakan. Jika Anda suka makan nasi tapi khawatir dengan kesehatan hati Anda, pilihlah nasi merah jika memungkinkan.

Dilansir dari laman Health Digest, Sabtu (29/1/2022), menurut Medical News Today, satu cangkir nasi putih mengandung 260 kalori, sekitar lima gram protein, dan kurang dari satu gram lemak. Beras putih biasanya telah dihilangkan dedak dan kumannya, yang berarti memiliki nutrisi yang lebih sedikit daripada beberapa jenis beras lainnya. 

Beras merah, di sisi lain, menyimpan dedak dan kumannya. Ini memberikan beberapa manfaat kesehatan tambahan termasuk peningkatan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Cara memasak nasi yang paling sehat adalah dengan merebus atau mengukusnya, tapi juga bisa digoreng untuk tekstur renyah yang lezat. Banyak orang membumbui nasi agar rasanya lebih enak, tapi berhati-hatilah saat menambahkan terlalu banyak garam. Jika Anda membeli nasi pra-bumbu di toko, periksa kandungan natriumnya dan pilih nasi yang rendah natrium.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement