Jumat 15 Apr 2022 13:04 WIB

3 Hal yang Buat Roti Sourdough Lebih Sehat

Roti 'sourdough' menjadi cukup popoler selama pandemi Covid-19.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Roti 'sourdough' menjadi cukup popoler selama pandemi Covid-19.
Foto:

3. Menyerap vitamin

Sourdough dapat membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral utama, terutama yang menjaga tulang tetap kuat.

Saat mengonsumsi makanan fermentasi, sistem pencernaan menjadi lebih mudah menyerap mineral penting seperti seng, magnesium, dan zat besi yang merupakan kunci untuk menjaga kesehatan tulang seiring bertambahnya usia.

Studi menunjukkan bahwa bioavailabilitas penyerapan mineral ini meningkat setelah konsumsi roti sourdough secara khusus. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan, ilmu yang ada menunjukkan bahwa sourdough meningkatkan penyerapan.

Fermentasi ragi telah terbukti meningkatkan asam folat penting dalam proses memanggang roti gandum dan roti gandum hitam. Fermentasi juga dapat menyebabkan pengayaan kandungan riboflavin. Tapi sekali lagi, penelitian lebih lanjut diperlukan karena setiap starter adalah unik.

Namun, menurut Banna, perlu diingat bahwa tidak semua roti sourdough dibuat sama. Kualitas starter dan biji-bijian yang digunakan untuk memanggang roti akan menentukan komposisi nutrisi secara keseluruhan serta rasa roti.

Daya tahan roti juga berpengaruh, sebab sering kali sourdough dibagikan kepada kerabat atau keluarga dari hari ke hari. Suhu fermentasi roti adalah kuncinya. Satu studi menyoroti fermentasi sourdough pada 77 derajat celcius sangat ideal untuk mengembangkan enzim penguat usus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement