Ahad 01 May 2022 01:30 WIB

Minum Teh Bisa Bantu Turunkan Hipertensi, Berapa Banyak Perlu Dikonsumsi?

Dalam jangka panjang, mengonsumsi teh dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Teh (ilustrasi). Minum teh secara rutin dalam jangka panjang dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Foto:

Ini berarti Anda sebaiknya menyantap berbagai macam makanan dalam proporsi yang tepat, dan mengonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah yang tepat untuk mencapai serta mempertahankan berat badan yang sehat. Kebanyakan orang di Inggris makan dan minum terlalu banyak kalori, terlalu banyak lemak jenuh, gula dan garam, dan tidak cukup buah, sayuran, ikan berminyak, atau serat.

photo
Gejala hipertensi - (Republika)

Badan kesehatan itu mengatakan daging adalah sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik, termasuk zat besi, seng, dan vitamin B. Ini juga salah satu sumber utama vitamin B12.

Beberapa orang dengan tekanan darah tinggi mungkin juga perlu minum obat. Jika Anda berusia di atas 40 tahun, NHS menganjurkan untuk memeriksakannya setiap lima tahun.

British Heart Foundation menyatakan banyak, orang dengan tekanan darah tinggi merasa baik-baik saja. Padahal, penting untuk memeriksakan tekanan darah secara teratur karena penyakit ini baru menimbulkan gejala ketika sudah parah.

Badan amal itu mengatakan aktivitas fisik dapat membantu memangkas risiko penyakit jantung dan peredaran darah serta mengurangi tekanan darah dan kolesterol. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah tekanan darah Anda tinggi adalah dengan memeriksakannya.

Tekanan darah didefinisikan sebagai kekuatan yang diberikan pada pembuluh darah dan organ saat darah dipompa ke seluruh tubuh oleh jantung. Tekanan darah dicatat dengan dua angka. Tekanan sistolik (angka yang lebih tinggi) adalah kekuatan di mana jantung memompa darah ke seluruh tubuh Anda.

Tekanan diastolik (angka yang lebih rendah) adalah resistensi terhadap aliran darah di pembuluh darah. Pembacaan tekanan darah antara 120/80mmHg dan 140/90mmHg bisa berarti Anda berisiko terkena tekanan darah tinggi, jika tidak mengambil langkah-langkah untuk menjaga tekanan darah terkendali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement