Rabu 13 Apr 2022 07:18 WIB

Mengapa Covid-19 Tingkatkan Risiko Lansia Kena Herpes Zoster?

Sekitar 15-20 persen lansia yang pernah positif Covid-19 berisiko kena herpes zoster.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Tenaga kesehatan profesional dan orang berusia 50 tahun ke atas perlu mewaspadao potensi peningkatan risiko herpes zoster pada penyintas Covid-19.
Foto:

Profesor di bidang dermatologi Dr Carrie Kovarik mengatakan, ketika seseorang terkena cacar air dan sembuh, virus cacar air atau (varicella zoster) tidak menghilang dari tubuh, tetapi bersembunyi dan "tidur" di sel-sel saraf.

Pada sebagian orang, virus varicella zoster ini bisa kembali bangun dan menyebabkan herpes zoster. Kondisi ini biasanya terjadi ketika sistem imun mengalami penurunan.

Oleh karena itu, merupakan hal yang masuk akal bila riwayat Covid-19 bisa memicu terjadinya herpes zoster. Seperti diketahui, SARS-CoV-2 yang merupakan virus penyebab Covid-19 bisa menyebabkan kekacauan pada sistem imun.

"Saya pernah melihat pasien-pasien yang mengalami satu atau dua episode (herpes zoster) dalam satu tahun, mereka tak pernah mengalami kondisi ini sebelumnya, tetapi pernah terkena Covid-19," jelas dr Kovarik.

Studi terbaru yang dilakukan Bhavsar dan tim melibatkan hampir 400 ribu data pasien Covid-19 berusia 50 tahun ke atas. Selain itu, mereka juga menggunakan data dari 1,5 juta orang yang belum pernah terkena Covid-19. Tak ada satu pun partisipan dalam studi ini yang telah divaksinasi untuk melindungi diri dari Covid-19 atau herpes zoster.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement