Selasa 12 Apr 2022 21:04 WIB

Mereka yang Berumur Panjang Disebut Konsumsi Empat Minuman Ini

Orang-orang yang berumur panjang cenderung konsumsi minuman tertentu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Orang-orang yang berumur panjang cenderung konsumsi minuman tertentu.
Foto:

Teh Hijau

Minum teh hijau telah menjadi bagian dari keseharian warga Okinawa. Selain bisa menyegarkan, sajian teh hijau ternyata dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan.

Teh hijau diketahui kaya akan antioksidan seperti katekin dan polifenol. Antioksidan dapat membantu mencegah timbulnya penyakit dengan cara melawan radikal bebas, meregulasi kadar kolesterol, hingga menstabilkan tekanan darah. Semua manfaat ini turut berperan dalam memperpanjang harapan hidup.

Studi dalam Nutrition Reviews pada 2007 juga menemukan bahwa konsumsi teh hijau berkaitan dengan kesehatan kardiovaskular yang lebih baik. Studi lain dalam Phytomedicine di 2017 juga menemukan adanya hubungan antara konsumsi teh hijau dengan perbaikan daya ingat.

Menurut beberapa studi lainnya, konsumsi teh hijau bermanfaat dalam menstabilkan kadar gula darah puasa sehingga bisa membantu mencegah terjadinya diabetes tipe 2. Kandungan antioksidan bernama epigallocatechin gallate juga diketahui dapat membantu menghambat pertumbuhan tumor kanker.

 

Teh Hitam

Teh hitam dikenal memiliki manfaat yang sama baiknya dengan teh hijau. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi teh hitam bisa meningkatkan harapan hidup dengan berbagai cara, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, memperbaiki kadar kolesterol, menjaga kesehatan usus, menurunkan tekanan darah, hingga mencegah penyebaran tumor kanker dan mengurangi risiko strok.

Agar manfaat ini bisa didapatkan secara optimal, teh hitam sebaiknya dikonsumsi dengan cara yang sama seperti kebanyakan orang-orang berumur panjang di Zona Biru. Caranya adalah menikmati teh hitam tanpa tambahan pemanis. Bila ingin meningkatkan cita rasa, tambahkan perasan lemon atau lembaran daun mint ke dalam teh hitam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement