Selasa 16 Nov 2021 07:15 WIB

2 Minuman Sehat yang Perlu Dihindari Pengidap Hipertensi

Minuman yang tampaknya sehat ada juga yang berbahaya untuk pengidap hipertensi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Hipertensi (ilustrasi). Pengidap hipertensi harus menjauhi minuman yang tampaknya sehat, namun bisa membuat metabolismenya terganggu.
Foto: www.freepik.com.
Hipertensi (ilustrasi). Pengidap hipertensi harus menjauhi minuman yang tampaknya sehat, namun bisa membuat metabolismenya terganggu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan darah tinggi atau juga disebut hipertensi dapat meningkatkan kemungkinan masalah serius, seperti serangan jantung dan strok. Sekitar sepertiga orang dewasa di Inggris memiliki tekanan darah tinggi, namun banyak yang tidak menyadarinya, menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS).

Badan kesehatan menyatakan bahwa tidak selalu jelas apa penyebab hipertensi, tetapi ada hal-hal yang dapat meningkatkan risikonya. Perubahan gaya hidup tertentu dapat membantu mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi, seperti melalui pola makan sehat secara umum dan berhenti merokok.

Baca Juga

"Kita semua tahu bahwa gula menyebabkan obesitas, tetapi itu juga terkait tekanan darah tinggi. Ini mengganggu metabolisme Anda, misalnya dengan menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak insulin dan leptin, mengurangi ekskresi natrium dan air oleh ginjal, dan menyebabkan pembuluh darah Anda menyempit," tulis NHS, dilansir Express.co.uk, Senin (15/11).

Itu berarti ada beberapa makanan dan minuman mungkin tampak sehat, tetapi perlu dihindari. Apa saja contohnya?

Jus buah, misalnya. Minuman ini tampak seperti pilihan yang sehat, tetapi mungkin mengandung gula sebanyak minuman ringan non-diet. NHS mengatakan, minuman olahraga juga cenderung dikaitkan dengan gaya hidup sehat, tetapi mungkin dikemas dengan gula untuk memberi energi instan.

Demikian pula dengan protein bar yang mengandung gula sebanyak permen. NHS menyarankan, orang harus mengurangi alkohol, menurunkan berat badan jika obesitas, berolahraga teratur, mengurangi kafein, dan berhenti merokok untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

"Jika didiagnosis menderita tekanan darah tinggi, dokter Anda mungkin menyarankan untuk mengonsumsi satu atau lebih obat untuk mengendalikannya," kata NHS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement