Kamis 07 Apr 2022 05:55 WIB

8 Gejala Long Covid yang Jarang Diketahui

Gejala long covid bisa muncul empat pekan setelah infeksi berlangsung.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Gejala long covid bisa muncul empat pekan setelah infeksi berlangsung.
Foto:

5. Gemetar

Penelitian menunjukkan bahwa tremor bisa menjadi tanda lain, terutama di antara pasien yang dirawat di rumah sakit. Menurut penelitian terhadap 95 pasien yang dirawat di rumah sakit selama awal Covid-19 pada musim semi 2020, tidak sedikit pasien mengalami gemetar yang berlebihan, tak terkendali.

“Beberapa orang mengira mereka mengalami kejang, itu tidak sering diperhatikan,” kata Dr Chung. 

 

6. Pandangan yang kabur

Satu dari sepuluh pasien Covid-19 melaporkan setidaknya satu gejala mata, menurut analisis meta tahun 2021 terhadap lebih dari 6.300 pasien COVID-19. Ini bisa termasuk penglihatan kabur, mata kering, perasaan ada sesuatu di mata, gatal, terbakar, mata merah, dan banyak lagi.

 

7. Sakit punggung

Dalam studi International Journal of Clinical Practice tahun 2021 terhadap 280 pasien Covid-19 yang dilakukan setelah infeksi akut, lebih dari 70 persen melaporkan nyeri tulang belakang. Selain itu, lebih dari 30 persen melaporkan nyeri yang lebih umum di punggung. 

 

8. Insomnia

Jika terbangun di tengah malam dengan perasaan gelisah atau membuka mata setelah 10 atau 12 jam tidur dan tidak merasa segar, bisa jadi itu akibat long Covid. Sebanyak 26 persen pasien yang dirawat di rumah sakit melaporkan kesulitan tidur dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti Wuhan, China dalam studi Lancet tahun 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement