Selasa 29 Mar 2022 14:57 WIB

Apakah Cokelat Hitam Sehat? Ini Kata Pakar

Cokelat hitam sering dianggap sehat tetapi pakar memberikan penjelasan lain.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Cokelat hitam sering dianggap sehat tetapi pakar memberikan penjelasan lain.
Foto: Flickr
Cokelat hitam sering dianggap sehat tetapi pakar memberikan penjelasan lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertanyaan 'apakah cokelat hitam sehat?' masih kerap membingungkan banyak orang. Meski banyak pakar menyebutkan jawabannya adalah tidak, tetapi tidak boleh terburu-buru khawatir.

Pada umumnya, cokelat tidak selalu sehat arena tidak seperti sayuran ataupun buah-buahan. Sebaliknya, senyawa dalam kakao bisa memiliki manfaat kesehatan tertentu. Senyawa itu adalah flavanol kakao, yang telah menjadi perhatian selama bertahun-tahun.

Baca Juga

"Ini benar-benar tidak boleh dianggap sebagai makanan sehat," kata Dr JoAnn Manson, seorang dokter di Brigham and Women's Hospital dan peneliti utama percobaan tersebut, seperti dikutip dari laman Inverse, Selasa (29/3/2022).

Sebuah penelitian yang diterbitkan awal bulan ini di The American Journal of Clinical Nutrition memeriksa beberapa temuan dari uji klinis yang sedang berlangsung. Temuan melacak 21.442 orang di AS yang mengonsumsi 500 miligram flavanol kakao dalam bentuk dua kapsul per hari selama lebih dari lima tahun.

Uji klinis yang disebut COcoa Supplement and Multivitamin Outcomes Study (COSMOS), bahkan tidak melihat cokelat itu sendiri sebagai cara untuk mengurangi risiko kesehatan kardiovaskular. Hal itu terlihat pada penggunaan suplemen kapsul flavanol kakao yang mengandung 500 miligram senyawa tersebut. Meskipun ada beberapa indikasi bahwa suplemen ini mungkin bermanfaat, cokelat hitam tidak bisa menjadi sumber yang menyehatkan.

Orang tidak bisa begitu saja memakan flavanol kakao dari cokelat. Menurut Manson, untuk mendapatkan manfaat kesehatan, orang harus makan 4.000 kalori cokelat susu dan sekitar 600 kalori cokelat hitam tinggi kakao per hari. 

Beberapa orang mungkin senang bahwa makan antara 600 dan 1.000 kalori cokelat akan memiliki efek suplemen, tetapi pada saat itu, kelebihan gula dan lemak jauh lebih besar daripada manfaatnya.

Selain itu, Manson menunjukkan bahwa cokelat bukanlah "sarana pengiriman" flavanol kakao yang andal. Salah satu alasan mengapa orang tidak melihat pelabelan miligram flavanol kakao adalah karena pemrosesan cokelatnya bervariasi. 

Dengan beberapa bentuk pemrosesan, semua atau sebagian besar flavanol kakao dihancurkan. Tidak ada kepastian kandungan flavanol yang tinggi bahkan dalam cokelat hitam dengan banyak kakao.

Flavanol adalah jenis senyawa tertentu dalam jenis yang lebih besar, disebut flavonoid. Itu terjadi secara alami dalam makanan nabati termasuk anggur, beri, dan teh.

Percobaan sebelumnya telah menunjukkan bahwa flavanol kakao dikaitkan dengan tekanan darah rendah, peningkatan pelebaran pembuluh darah, dan sifat anti-inflamasi. Sementara uji klinis sebelumnya telah menyarankan bahwa itu mungkin terkait dengan risiko kejadian kardiovaskular yang lebih rendah. 

Tidak ada uji coba besar yang memeriksa penggunaan suplemen flavanol kakao dengan metode lain. Manson mengatakan COSMOS adalah uji klinis acak skala besar pertama yang melihat flavanol kakao dalam mengurangi kejadian kardiovaskular termasuk serangan jantung, strok,  kematian kardiovaskular, penyakit arteri karotis, dan lainnya.

Namun, ada penurunan 27 persen dalam kematian kardiovaskular di antara mereka yang mengonsumsi suplemen flavanol kakao. Temuan ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap flavanol kakao sebagai cara untuk mengurangi risiko kardiovaskular.

 

Apakah Flavanol Sehat?

Setiap pecinta cokelat juga biasanya percaya istilah “flavanol itu sehat; cokelat hitam mengandung flavanol karena itu cokelat itu sehat.” Meskipun sayangnya tidak demikian, flavanol dan flavanoid memang sehat dan harus dimasukkan dalam diet seimbang.

“Kesimpulan adalah mengupayakan keseimbangan jantung sehat yang tinggi dalam banyak sumber flavanol seperti anggur dan beri dan buah-buahan lainnya,” kata Manson.

Namun, cokelat adalah suguhan yang luar biasa. Tidak apa-apa untuk sesekali menikmati suguhan cokelat. Jika ingin menikmati cokelat hitam sambil memasukkan flavanol dan flavanoid, nikmati stroberi berlapis cokelat hitam menjadi pilihan menarik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement