Selasa 22 Mar 2022 11:37 WIB

Makanan Apa yang Harus Disantap dan Dihindari untuk Cegah Bau Mulut?

Selain karena faktor kebersihan gigi, bau mulut juga bisa timbul akibat makanan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Memakai mouthspray untuk mencegah bau mulut (Ilustrasi). Bau mulut bisa terjadi karena makanan yang dikonsumsi.
Foto:

Singh juga mengungkap daftar makanan dan minuman yang bisa membantu mencegah bau mulut. Berikut daftarnya:

1. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang memiliki senyawa alami untuk melawan bau mulut dan menjaga tingkat hidrasi tetap tinggi, menjadikannya pilihan terbaik melawan bau mulut.

2. Daun mint dan peterseli

Konsumsi daun mint dan peterseli juga membantu napas menjadi lebih segar. Keduanya bisa dijadikan komponen pelengkap untuk saus salad, paratha, atau hidangan utama lainnya.

3. Cengkih

Cengkih bersifat antibakteri. Anda dapat mengunyah seluruh potongan cengkih atau mengolahnya menjadi teh untuk dikonsumsi dengan mudah setelah makan.

4. Yoghurt dan kimchi

Makanan fermentasi seperti yoghurt dan kimchi membantu menyeimbangkan kembali bakteri baik di mulut seseorang. Meskipun keduanya mungkin tidak memberikan dampak langsung, namun yoghurt dan kimchi telah terbukti sangat efektif dalam memerangi bau mulut.

Namun demikian, setiap orang juga penting untuk melakoni rutinitas kebersihan gigi termasuk menyikat gigi dua kali sehari, menggunakan obat kumur, dan flossing bila diperlukan. Di samping itu, bau mulut juga bisa menjadi tanda gigi berlubang, penyakit gusi, atau masalah mendasar yang lebih serius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement