Jumat 18 Mar 2022 00:25 WIB

Tiga Gejala Long Covid yang Baru Terasa Enam Bulan Kemudian

Studi Denmark ungkap tiga gejala long Covid yang terasa 6 bulan setelah sembuh Covid.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Covid-19 (ilustrasi). Long Covid telah menjadi fenomena global. Orang dapat mengalaminya berbulan-bulan setelah sembuh dari Covid-19.
Foto:

Kesadaran terhadap long Covid telah meningkat di Inggris setelah sebuah laporan Kantor Statistik Nasional (ONS) menunjukkan bahwa lebih dari 1,5 juta orang secara nasional saat ini hidup dengan kondisi tersebut. Selain itu, dua film dokumenter mengenai kondisi Derek Draper, suami jurnalis Kate Garraway, yang memperlihatkan perjuangannya dengan long Covid sejak terinfeksi pada 2020 juga membuka mata masyarakat.

Peningkatan jumlah orang yang menderita atau hidup dengan long Covid terjadi beberapa pekan setelah Inggris mencabut pembatasan Covid-19 yang terakhir. Selain mencabut kewajiban memakai masker, kewajiban hukum untuk mengisolasi diri jika seseorang dinyatakan positif Covid-19 juga sudah ditiadakan.

Langkah tersebut telah menuai kritik dari para ilmuwan yang mengatakan tidak ada bukti yang mendukung keputusan untuk mencabut pembatasan saat ini. Sementara itu, laporan lain dari ONS menunjukkan bahwa kasus Covid-19 meningkat di seluruh Inggris dengan hingga satu dari 25 orang kini terinfeksi virus.

Di Skotlandia, jumlahnya satu dari 18. Para ilmuwan meyakini bahwa sub-varian omicron BA.2 alias "Son of Omicron" sekarang menjadi varian yang dominan. Dalam beberapa hari terakhir, kasus akibat infeksi varian lain, deltacron, telah ditemukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement