Ahad 05 May 2024 14:39 WIB

Tips Tidur Malam Nyaman Meski Suhu Panas

Anda disarankan mengangkat kaki lebih tinggi saat tidur, untuk apa?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Tidur (ilustrasi). Ada beberapa tips untuk tidur malam tetap nyaman meski suhu sedang panas.
Foto: www.freepik.com
Tidur (ilustrasi). Ada beberapa tips untuk tidur malam tetap nyaman meski suhu sedang panas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan iklim telah berpengaruh pada kenaikan suhu rata-rata global. Tidak mengherankan jika pada malam hari yang seharusnya terasa sejuk justru membuat seseorang terbangun dalam kondisi kegerahan atau malah sudah bersimbah keringat.

Memang cukup sulit tidur dengan nyaman saat cuaca sedang panas. Untuk mengatasi itu, para ahli merekomendasikan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu tidur lebih lelap di malam yang panas, dikutip dari laman Best Life Online, Ahad (5/5/2024):

Baca Juga

1. Jangan makan banyak sebelum tidur

Menikmati makan malam dalam porsi besar jelang waktu tidur adalah cara cepat merasa kegerahan saat tidur malam. Pakar tidur Martin Seeley yang juga merupakan pendiri Mattress Next Day, menyarankan untuk menghindari kebiasaan tersebut.

"Cobalah menghindari makan dalam porsi besar sebelum tidur jika ingin merasa lebih sejuk di malam hari. Pencernaan dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat saat seseorang mencoba untuk tidur," ujar Seeley.

2. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik

Pakar kesehatan dan pendiri Melbourne Functional Medicine, Jabe Brown, mengatakan tetap terhidrasi dengan baik dapat secara signifikan memengaruhi suhu tubuh. Memenuhi kebutuhan cairan akan membuat tubuh lebih sejuk saat tidur di malam yang panas.

"Tubuh kita terdiri atas 60 persen air, yang kita gunakan untuk berbagai proses fisiologis, termasuk menjaga suhu tubuh. Minum banyak air sepanjang hari memastikan tubuh kita memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk menjaga sistem pendingin internal bekerja secara efisien," ungkap Brown. 

3. Memakai kaus kaki

Pelatih sains tidur bersertifikat, Jill Zwarensteyn, menjelaskan bahwa tubuh bersiap untuk tidur dengan mengubah suhu inti dari "tingkat terjaga" ke "tingkat tidur". Itu berarti dari "suhu kulit rendah dan suhu inti tinggi", menjadi "suhu kulit tinggi dan suhu inti rendah".

"Jika tubuh tidak dapat mencapai suhu kulit yang tinggi dan suhu inti yang rendah karena sirkulasi yang buruk, permulaan tidur mungkin akan terpengaruh. Mengenakan kaus kaki dapat membantu mengatur proses ini dan meningkatkan kemampuan untuk tertidur," kata Zwarensteyn.

4. Mandi air hangat sebelum tidur

Seperti halnya tidur dengan kaus kaki, berendam sebentar di air panas terkesan hanya akan membuat tubuh jadi lebih hangat. Namun, Zwarensteyn malah menyarankan ini untuk membantu memastikan istirahat malam yang santai dan menyegarkan. 

"Penelitian menunjukkan bahwa mandi air panas atau mandi sebelum tidur akan membantu menurunkan suhu inti tubuh, membantu Anda merasa sejuk dan tertidur lebih cepat," ucap Zwarensteyn.

5. Tinggikan kaki saat tidur

Mengangkat sedikit bagian bawah tubuh Anda di malam hari juga dapat membantu tubuh terasa lebih sejuk. Saran itu disampaikan oleh ahli kiropoda terdaftar sekaligus pakar kesehatan berpengalaman, Tony Hu, yang juga merupakan pendiri Family Wellness Footcare.

Hu merekomendasikan untuk meletakkan bantal di bawah kaki untuk sedikit meninggikan posisinya saat tidur. "Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi penumpukan panas di ekstremitas," kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement