Kamis 17 Mar 2022 15:21 WIB

3 Kebiasaan Tidur yang Bisa Berujung pada Obesitas

Kebiasaan tidur yang buruk bisa picu kenaikan berat badan dan berujung pada obesitas.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Obesitas telah menjadi masalah di berbagai belahan dunia. Kebiasaan tidur yang buruk  bisa memicu terjadinya kenaikan berat badan dan berujung pada obesitas.
Foto:

Tidur setelah makan

Makan malam sebaiknya dilakukan tidak berdekatan dengan jadwal tidur. Hal ini sebaiknya tak disepelekan karena tidur sesaat setelah makan bisa mendorong terjadinya kenaikan berat badan.

photo
Mengorok bukanlah tanda tidur nyenyak. - (Republika)

Kebiasaan tidur setelah makan memiliki dua dampak negatif yang bisa berkontribusi pada penambahan berat badan. Salah satu di antaranya adalah menghambat tubuh untuk membakar kalori yang baru saja dikonsumsi.

Dampak lainnya adalah memicu refluks asam. Refluks asam bisa berdampak pada terganggunya tidur malam. Tidur malam yang terganggu pada ujungnya akan memicu kenaikan berat badan.

Minum alkohol menjelang tidur

Sebagian orang mungkin memiliki kebiasaan untuk menikmati minuman beralkohol di waktu malam. Kebiasaan ini sebenarnya hanya akan memberikan tubuh "kalori kosong", atau asupan kalori yang tak bernilai gizi. Meski minum alkohol bisa mendorong seseorang untuk tidur, di saat yang sama alkohol juga memperburuk kualitas tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement