Kamis 17 Mar 2022 15:21 WIB

3 Kebiasaan Tidur yang Bisa Berujung pada Obesitas

Kebiasaan tidur yang buruk bisa picu kenaikan berat badan dan berujung pada obesitas.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Obesitas telah menjadi masalah di berbagai belahan dunia. Kebiasaan tidur yang buruk  bisa memicu terjadinya kenaikan berat badan dan berujung pada obesitas.
Foto: Reuters
Obesitas telah menjadi masalah di berbagai belahan dunia. Kebiasaan tidur yang buruk bisa memicu terjadinya kenaikan berat badan dan berujung pada obesitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain makan berlebih, kebiasaan tidur yang buruk juga dapat memicu terjadinya kenaikan berat badan. Bila terus berlanjut, kenaikan berat badan ini bisa berujung pada terjadinya obesitas.

Menurut ahli, ada tiga kebiasaan tidur yang buruk bisa memicu terjadinya kenaikan berat badan. Berikut ini adalah ketiga kebiasaan tidur tersebut, seperti dilansir Eat This, Kamis (17/3/2022).

Baca Juga

Tidur malam kurang dari enam jam

Beragam studi menunjukkan adanya dampak buruk dari kurang tidur terhadap metabolisme tubuh. Beberapa studi bahkan mengindikasikan adanya hubungan antara kurang tidur dengan obesitas.

Menurut Mayo Clinic, kurang tidur bisa berkaitan dengan obesitas karena durasi tidur bisa memengaruhi dua hormon yang mengontrol lapar di dalam tubuh. Kedua hormon tersebut adalah leptin dan ghrelin.

Menurut Juan Rivera MD, kebiasaan tidur yang dapat memicu kenaikan berat badan adalah tidur malam dengan durasi kurang dari enam jam. Oleh karena itu, orang-orang yang sedang menjaga berat badan sangat menganjurkan untuk tidur malam selama enam jam atau lebih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement