Selasa 08 Mar 2022 21:25 WIB

Jurus Simpel Tingkatkan Kualitas Tidur Malam

Kualitas tidur malam yang buruk bisa membahayakan kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Tidur (ilustrasi). Kualitas tidur yang buruk memiliki banyak implikasi kesehatan jangka panjang.
Foto: www.freepik.com
Tidur (ilustrasi). Kualitas tidur yang buruk memiliki banyak implikasi kesehatan jangka panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur malam yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan tubuh. Kebiasaan itu memengaruhi tingkat energi, suasana hati, konsentrasi, produktivitas, dan bahkan pola makan.

Faktanya, jika mendapatkan kualitas yang buruk dan kurang tidur secara konsisten, maka mungkin membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Tidur yang buruk memiliki banyak implikasi kesehatan jangka panjang.

Baca Juga

Dokter sekaligus penulis buku terlaris New York Times, Mark Hyman, belum lama ini membagikan salah satu dari banyak dampak kurang tidur pada pola makan. Melalui postingan Instagram, dia sekaligus menyinggung terkait rasa lapar akan makanan manis akibat dari tidur yang buruk.

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Hyman berbagi beberapa jurus agar seseorang dapat secara efektif meningkatkan kualitas tidur. Berikut beberapa sarannya, seperti dilansir Indian Express, Selasa (8/3/2022).

1. Buat jadwal yang teratur

Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari menciptakan ritme bagi tubuh. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur.

Jangan letakkan televisi di kamar tidur. Studi menunjukkan cahaya terang buatan dapat mengganggu aktivitas otak dan mengubah hormon tidur seperti melatonin. Kamar tidur harus menjadi tempat yang tenang dan damai.

2. Dapatkan sinar matahari alami

Penting untuk mendapatkan sinar matahari setidaknya 20 menit setiap hari, sebaiknya di pagi hari. Itu dapat memicu otak untuk melepaskan bahan kimia yang mengatur siklus tidur.

Hindari komputer, ponsel pintar, tablet, dan televisi satu atau dua jam sebelum tidur. Anda juga dapat mencoba paparan cahaya biru rendah selama sekitar tiga jam sebelum tidur. Cahaya spektrum biru rendah membantu otak mengatur ulang untuk tidur dan meningkatkan melatonin.

3. Gunakan kasur akupresur

Hal ini akan membantu merangsang sistem saraf parasimpatis dan menciptakan relaksasi yang mendalam. Berbaring di atasnya selama sekitar 30 menit atau lebih sebelum tidur untuk malam yang lebih nyenyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement