Selasa 16 Apr 2024 23:27 WIB

Minum Alkohol Meski Sedikit Tetap Berisiko Bagi Pertumbuhan Janin

Ibu hamil sangat tidak disarankan minum alkohol.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil (Ilustrasi). Minum alkohol meski sedikit, ibu hamil berisiko membahayakan pertumbuhan janinnya.
Foto: Pixabay
Ibu hamil (Ilustrasi). Minum alkohol meski sedikit, ibu hamil berisiko membahayakan pertumbuhan janinnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu hamil sama sekali tidak disarankan mengonsumsi alkohol saat sedang mengandung. Tim peneliti dari University of New Mexico, AS telah menemukan bahwa konsumsi alkohol tingkat rendah sekalipun tetap berkontribusi terhadap perkembangan prenatal bayi.

Dikutip dari laman News-Medical, Selasa (16/4/2024), efek itu termasuk panjang badan lahir bayi yang lebih pendek dan masa kehamilan yang lebih singkat. Temuan itu termuat dalam makalah baru yang diterbitkan di jurnal Alcohol Clinical & Experimental Research.

Baca Juga

 

Pemimpin studi, Ludmila Bakhireva, adalah profesor dan asisten dekan Penelitian Klinis dan Translasional di Fakultas Farmasi University of New Mexico (UNM). Dia dan timnya mendapati beberapa perbedaan pada perkembangan bayi dengan jenis kelamin tertentu.

"Dalam analisis eksplorasi, pengaruh terhadap usia kehamilan lebih nyata pada bayi laki-laki, dan untuk panjang lahir lebih kuat pada bayi perempuan," kata Bakhireva.

Namun, Bakhireva menyebutkan bahwa dampak yang terungkap harus ditafsirkan dengan hati-hati. Hal itu karena terbatasnya kekuatan statistik penelitian untuk melakukan analisis spesifik jenis kelamin dan tantangan dalam memperhitungkan faktor-faktor lain yang berkontribusi.

Makalah Bakhireva melaporkan tiga studi prospektif yang dilakukan di UNM selama 10 tahun yang diikuti 281 peserta. Sebagian besar direkrut pada trimester kedua kehamilan, kemudian diikuti analisis data anak-anak mereka beberapa waktu setelahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement