Kamis 08 Feb 2024 16:50 WIB

Berkaca dari Kasus Junaidi yang Bunuh 1 Keluarga, Apa Hubungan Alkohol dengan Kejahatan?

Para peneliti telah meneliti hubungan antara alkohol, narkoba, dan kejahatan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Pembunuhan (Ilustrasi). Kasus pembunuhan 1 keluarga yang diduga dilakukan Junaidi menghebohkan publik. Polisi menyatakan, sebelum membunuh, Junaidi mabuk-mabukan.
Foto: pixabay
Pembunuhan (Ilustrasi). Kasus pembunuhan 1 keluarga yang diduga dilakukan Junaidi menghebohkan publik. Polisi menyatakan, sebelum membunuh, Junaidi mabuk-mabukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang remaja berusia 16 tahun bernama Junaidi nekat membunuh satu keluarga (5 orang) di Kalimantan Timur. Diduga motif pembunuhan ini karena cintanya tidak direstui. 

Setelah membunuh, remaja tersebut memperkosa dua jasad korban (ibu dan anak pertama). Polisi menyatakan sebelum membunuh, Junaidi sempat mabuk-mabukkan. Seberapa "bahaya" alkohol dalam mendorong seseorang melakukan tindakan kriminal?

Baca Juga

Dilansir Alcohol Rehab Guide, Kamis (8/2/2024), alkohol memainkan peran besar dalam tindakan kriminal dan kekerasan. Minum berlebihan mempunyai kemampuan untuk menurunkan hambatan, mengganggu penilaian seseorang, dan meningkatkan risiko perilaku-perilaku agresif. Oleh karena itu, tingkat kekerasan dan kejahatan terkait alkohol meningkat di seluruh negeri. 

Selama beberapa dekade terakhir, para peneliti telah meneliti hubungan antara alkohol, narkoba, dan kejahatan. Data menunjukkan, meminum minuman keras atau pesta minuman keras dalam waktu lama secara signifikan meningkatkan risiko melakukan pelanggaran-pelanggaran kekerasan. 

Tindakan kriminal mempunyai konsekuensi yang berat seperti hukuman penjara, denda, dan hukuman-hukuman lain yang diperintahkan pengadilan. Sejumlah orang yang menjalani hukuman penjara telah melakukan kejahatan-kejahatan terkait alkohol. 

Pelanggaran berkisar dari ringan hingga berat dan mencakup kejahatan properti, pelanggaran ketertiban umum, mengemudi sambil mabuk, penyerangan, dan pembunuhan. Rata-rata, sekitar 40 persen narapidana yang dipenjara karena pelanggaran-pelanggaran kekerasan di bawah pengaruh alkohol pada saat melakukan kejahatan.

Banyak dari penjahat-penjahat ini diperkirakan memiliki kadar alkohol dalam darah (BAC) lebih dari tiga kali lipat batas legal pada saat penangkapan mereka. Beberapa kejahatan terkait alkohol yang paling umum melibatkan kasus mabuk-mabukan dan mengemudi. Namun, ada berbagai pelanggaran lain yang dapat diakibatkan oleh penyalahgunaan. 

Apa saja itu? Berikut ini daftarnya:

1. Perampokan 

Alkohol dapat memperparah perasaan putus asa seorang perampok dan menyebabkan mereka mencuri uang atau properti seseorang. Meskipun beberapa perampok menginginkan gaya hidup yang lebih baik atau ingin mendapatkan uang dengan cepat, perampok lainnya dapat berubah menjadi pelaku-pelaku berulang. Konsekuensi dari merampok seseorang sangat berat dan mungkin memerlukan hukuman penjara, tuntutan pidana, denda, dan masalah hukum lainnya. 

2. Pelecehan seksual

Pelecehan seksual adalah tindakan seksual yang dipaksakan dan mungkin melibatkan sentuhan, ciuman, dan hubungan seksual. Diperkirakan 37 persen penyerangan seksual dan pemerkosaan dilakukan oleh pelaku yang berada di bawah pengaruh alkohol. 

Bagi para pelaku, minuman keras dapat memperparah perilaku agresifnya. Hal ini dapat membuat mereka menjadi lebih kuat ketika seseorang mencoba melawannya. Pelecehan seksual dapat terjadi ketika tidak ada persetujuan, serta ketika korban tidak dapat memberikan persetujuan karena mabuk atau kondisi mental.

3. Penyerangan yang memburuk

Tanda peringatan umum dari penyalahgunaan alkohol adalah mudah tersinggung dan perubahan-perubahan suasana hati yang ekstrem. Oleh karena itu, beberapa orang menjadi kasar setelah beberapa kali minum minuman keras. 

Keputusan-keputusan yang buruk dan penilaian yang buruk, ditambah dengan agresi dan permusuhan, dapat dengan cepat menjadi berbahaya. Jika pikiran-pikiran dan perasaan-perasaan kekerasan ditindaklanjuti, hal ini dapat menyebabkan tuduhan penyerangan yang lebih buruk. Sekitar 27 persen penyerangan yang diperburuk dilakukan oleh individu yang pernah menggunakan alkohol. 

4. Kekerasan terhadap pasangan 

Alkohol dapat memainkan peran berbahaya dalam kekerasan pasangan intim, yang mengarah pada agresi, intimidasi, aktivitas seksual yang dipaksakan, dan bentuk perilaku pengendalian lainnya. Kekerasan pasangan intim terjadi ketika pasangan romantis menyebabkan kerugian fisik, psikologis, atau kekerasan seksual terhadap pasangannya. Memiliki pasangan yang merupakan seorang peminum berat dapat menyebabkan kesulitan-kesulitan yang signifikan, termasuk kesulitan-kesulitan keuangan, masalah-masalah perawatan anak, perselingkuhan, dan tantangan-tantangan lainnya. 

5. Pelecehan anak 

Stres, masalah keuangan, ketidakstabilan profesional, dan sejumlah faktor lainnya dapat memengaruhi jumlah alkohol yang dikonsumsi seseorang. Namun, alkoholisme tidak hanya menyerang individu, namun juga berdampak pada anggota keluarga dan teman-teman, termasuk anak-anak. 

Studi penelitian menunjukkan adanya hubungan antara orang tua yang menyalahgunakan alkohol dan risiko penelantaran dan kekerasan pada anak. Sekitar empat dari sepuluh pelaku kekerasan terhadap anak mengaku berada di bawah pengaruh alkohol pada saat melakukan pelanggaran.

6. Pembunuhan

Alkohol terlibat dalam lebih banyak kasus pembunuhan di Amerika Serikat (AS) dibandingkan dengan zat lain, seperti heroin dan kokain. Faktanya, sekitar 40 persen dari para terpidana pembunuh pernah menggunakan alkohol sebelum atau selama kejahatan terjadi. 

Minum minuman beralkohol secara berlebihan dapat menyebabkan bentuk-bentuk kekerasan yang lebih parah yang dapat dengan cepat meningkat menjadi situasi-situasi yang sangat berbahaya. Efek-efek jangka pendek dan jangka panjang dari alkohol mengaburkan kondisi mental seseorang, sehingga berkontribusi pada peningkatan risiko melakukan kejahatan-kejahatan kekerasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement