Kamis 17 Mar 2022 03:00 WIB

Kebiasaan Makan Ini Bikin Otot Tetap Kuat di Usia 50 Tahun

Otot dapat mengalami degenerasi seiring bertambahnya usia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Melatih otot (ilustrasi). Otot bisa dijaga tetap kuat pada usia 50-an dengan menerapkan pola makan yang sehat.
Foto:

3. Pentingnya kualitas protein

Manfaat dan pentingnya protein dalam membangun dan menjaga kesehatan otot cukup terkenal. Sama pentingnya dengan menambahkannya ke dalam makanan, cara memilih sumber protein kualitas yang tepat juga penting.

Jika kita ingin memiliki otot yang kuat yang bertahan bahkan setelah usia 50 tahun, fokuslah pada kualitas daripada kuantitas. Misalnya, telur dan potongan daging adalah sumber protein. Tetapi, karena diproses, potongan daging mungkin bukan pilihan protein yang paling sehat.

4. Tetapkan camilan sebelum dan sesudah olahraga

Rencana camilan olahraga yang sehat penting untuk mengurangi risiko cedera, meningkatkan pemulihan, meningkatkan kesehatan otot, memaksimalkan dampak latihan, dan sebagainya. Oleh karena itu, pastikan untuk menetapkan pra dan pasca camilan yang sehat.

5. Perut terisi dan tetap kenyang

Makanan olahan dapat memiliki implikasi yang tidak sehat pada tubuh. Mulai hari ini kita dapat mengganti makanan seperti nasi putih, pasta, dan sejenisnya, dengan makanan gandum untuk kesehatan otot dan tulang yang lebih baik.

Selain itu, makanan tersebut dapat membantu kenyang lebih lama. Beberapa makanan gandum yang dapat kita tambahkan ke dalam diet adalah soba, roti gandum, beras merah, dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement