Jumat 25 Feb 2022 20:56 WIB

3 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Tidur Nyenyak

Ada aktivitas yang bisa dilakukan sebelum tidur agar mendapatkan tidur nyenyak.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Ada aktivitas yang bisa dilakukan sebelum tidur agar mendapatkan tidur nyenyak.
Foto:

2. Teh Rooibos

Meskipun menyeruput secangkir teh untuk melepas lelah bukanlah hal baru, Manaker secara khusus memilih teh rooibos karena beberapa alasan. Untuk yang utama, teh ini bebas kafein, sehingga menjadikannya minuman menenangkan sebelum tidur. Plus, rooibos terbukti menghambat produksi kortisol, yang dapat membantu orang merasa lebih santai. Terakhir, teh rooibos memiliki kadar tanin yang lebih rendah daripada teh hitam atau hijau biasa, yang menjadikannya pilihan lebih baik untuk dikonsumsi bersamaan dengan magnesium.

Mengapa tingkat tanin penting bagi? Tanin merupakan senyawa alami yang dapat mengganggu penyerapan nutrisi tertentu, termasuk magnesium. Jika berusaha dan berinvestasi untuk mengonsumsi suplemen magnesium, maka Anda harus meminum sesuatu yang meminimalkan kemampuan tubuh untuk benar-benar memanfaatkan nutrisi ini.

 

3. Kacang-kacangan

Segenggam kacang sebelum tidur memberi tubuh dorongan triptofan, asam amino yang dikaitkan dengan kualitas tidur lebih baik. Meskipun ada banyak makanan ringan sebelum tidur yang benar-benar memuaskan, tetapi kacang kupas memiliki kadar tanin rendah, yang membuatnya cenderung tidak bersaing dengan penyerapan suplemen magnesium. Sebagai bonus tambahan, kacang tanah adalah sumber magnesium alami, yang membantu memenuhi kebutuhan mineral penting ini.

“Selama lebih dari setahun, ritual sebelum tidur ini telah membantu saya mendapatkan tidur yang nyenyak untuk berfungsi di siang hari,” ujar Manaker.

Apakah trifecta magnesium, teh rooibos, dan kacang ini benar-benar membantu tubuh rileks atau apakah itu berhasil karena efek plasebo adalah tanda tanya besar. Namun mengambil langkah-langkah ini memiliki sedikit risiko, jadi ada sedikit kerugian untuk mencobanya sendiri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement