Kamis 07 Dec 2023 23:12 WIB

Rekomendasi Buah yang Bagus Dimakan Sebelum Tidur

Buah tertentu dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

Rep: Adysha Citra Rahmadani/ Red: Reiny Dwinanda
Tidur (ilustrasi). Buah tertentu dapat memberikan efek positif terhadap kualitas tidur.
Foto: www.freepik.com
Tidur (ilustrasi). Buah tertentu dapat memberikan efek positif terhadap kualitas tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur yang tidak nyenyak bisa memberikan pengaruh buruk bagi produktivitas hingga kesehatn tubuh. Siapa sangka, mengonsumsi buah populer setiap malam bisa membantu membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Menurut The Sleep Charity, buah yang dapat membuat tidur jadi lebih nyenyak di malam hari adalah pisang. Untuk mendapatkan efek ini, pisang sebaiknya dikonsumsi menjelang jam tidur.

Baca Juga

The Sleep Charity mengungkapkan bahwa pisang dapat membantu tidur jadi lebih nyenyak karena kaya akan kandungan magnesium dan kalium. Kedua zat gizi ini diketahui memiliki sifat yang dapat merelaksasi otot.

Selain itu, pisang juga mengandung asam amino triptofan yang merupakan prekursor dari hormon penenang otak. Asupan asam amino triptofan bisa memberikan sensasi relaksasi dan membuat tubuh terasa lebih ringan.

 

Konsumsi pisang pun diketahui berkaitan dengan stimulasi produksi melatonin. Seperti diketahui, melatonin adalah hormon yang secara alami ada di dalam tubuh. Hormon ini berperan dalam meregulasi pola tidur.

Mengonsumsi pisang sebelum jam tidur merupakan salah satu dari lima rekomendasi tidur nyenyak yang diberikan oleh The Sleep Charity. Selain mengonsumsi pisang sebelum jam tidur, The Sleep Charity juga merekomendasikan konsumsi anggur, ceri, dan stroberi.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Antioxidants in Health and Disease, anggur, ceri, dan stroberi juga dikenal sebagai sumber melatonin. Oleh karena itu, konsumsi ketiga buah ini juga dapat memberikan efek positif terhadap kualitas tidur.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement