Jumat 25 Feb 2022 00:20 WIB

Rutinitas Sebelum Tidur Malah Bikin Tidur Nggak Nyenyak

Untuk bisa nyenyak, jangan bergantung pada rutinitas tertentu sebelum tidur

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Untuk bisa tidur nyenyak, cobalah tidak tergantung pada ritual tertentu sebelum tidur.
Foto:

Beberapa penderita insomnia mungkin menemukan diri mereka begadang untuk menyelesaikan rutinitas sebelum tidur meski sebetulnya sudah merasa kelelahan. Jika menemukan rutinitas tidur yang berhasil, mengubah satu aspek rutinitas dapat membawa Anda ke dalam spiral insomnia.

"Tidur adalah proses fisiologis alami yang tidak bisa dikendalikan. Khawatir tentang seberapa buruk tidur Anda atau membayangkan betapa buruknya hal-hal di masa depan jika Anda tidak tidur, hanya membantu meningkatkan tingkat gairah atau terjaga di malam hari," kata para ahli di Sleep School.

Lalu apa yang harus dilakukan? Alih-alih berpegang teguh pada rutinitas yang ketat, cobalah untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam.

Ketika menemukan diri Anda jatuh ke dalam spiral kecemasan tidur, coba alihkan fokus Anda pada gerakan badan yang lembut. Misalnya melakukan menggerakkan telapak tangan di dada saat bernapas.

"Perlakukan tubuh Anda sebagai tempat untuk mengembalikan perhatian ketika pikiran ingin mengembara," kata ahli.

Para ahli juga tidak menyarankan mengonsumsi camilan atau makanan sebagai rutinitas sebelum tidur. Sebab, hal itu akan menambah masalah baru bagi kesehatan secara menyeluruh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement