Jumat 15 Mar 2024 16:29 WIB

Lebih Banyak Perempuan Idap Insomna, Ini Kiat Tingkatkan Kualitas Tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan mental dan fisik.

Seorang wanita tidur menggunakan penutup mata atau masker mata (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Seorang wanita tidur menggunakan penutup mata atau masker mata (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdasarkan penelitian, insomnia lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, terutama setelah usia tertentu akibat perubahan hormonal setelah menopause. Kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan mental dan fisik seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, depresi, dan gangguan mood.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita membutuhkan lebih banyak jam tidur dibandingkan pria untuk menjaga kesehatannya. Sebaliknya, banyak perempuan yang gagal mendapatkan jam tidur yang cukup di zaman modern karena tuntutan yang semakin meningkat di rumah dan tempat kerja.

Baca Juga

Konsultan THT dan Spesialis Gangguan Tidur, Ruby Hall Clinic Pune Dr Murarji Ghadge pada Hindustan Times mengatakan umumnya wanita muda disarankan untuk tidur 7-9 jam setiap malam. Namun, penting untuk menyadari bahwa kebutuhan tidur setiap individu dapat bervariasi karena berbagai faktor.

Untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, Dr Ghadge menyarankan kiat-kiat berikut, yang dikutip dari laman Hindustan Times, Jumat (15/3/2024).

1. Pertahankan jadwal tidur yang konsisten

Usahakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan membantu mengatur jam internal tubuh Anda dan meningkatkan kualitas tidur.

2. Tetapkan rutinitas waktu tidur yang menenangkan

Lakukan aktivitas yang menenangkan seperti membaca, mandi air hangat, atau berlatih meditasi, untuk memberi sinyal pada tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk bersantai.

3. Batasi kafein dan barang elektronik

Hindari konsumsi kafein dan penggunaan perangkat elektronik sebelum tidur karena dapat menyebabkan gangguan tidur.

4. Kelola stres dan kecemasan

Latih teknik pengurangan stres seperti pernapasan dalam, meditasi kesadaran, atau mandi air hangat untuk membantu Anda rileks sebelum tidur.

5. Pastikan lingkungan tidur yang nyaman

Optimalkan lingkungan tidur Anda dengan menggunakan tempat tidur yang nyaman, mengatur suhu ruangan sesuai keinginan Anda, dan meminimalkan kebisingan dan cahaya untuk meningkatkan kualitas tidur.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement