Jumat 18 Feb 2022 13:35 WIB

Main Wordle Bisa Tingkatkan Memori? Begini Kata Ahli

Gim populer Wordle disebut mampu membantu tingkatkan memori pemain.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Wordle, gim populer yang menantang pemainnya untuk menebak kata dari balok huruf yang tertata acak. Gim seperti ini disebut-sebut bagus untuk memori.
Foto:

Sementara itu, profesor ilmu saraf di Massachusetts Institute, Earl Miller, mengatakan bahwa apapun yang menyebabkan keterlibatan memori dan pemecahan masalah akan berdampak baik bagi otak. Ia menjelaskan bahwa otak seperti otot.

"Semakin Anda menggunakannya, semakin baik dia dalam melakukan sesuatu," kata Miller.

Namun begitu, Yassa memprediksi, mungkin perlu beberapa waktu untuk melihat efek pada memori. Dan orang yang bermain cuma sesekali mungkin tidak akan melihat manfaat yang sama seperti orang yang main setiap hari.

Dalam penelitian sebelumnya, yang dilakukan jauh sebelum Wordle dirilis, para peneliti mempelajari hubungan antara kebiasaan bermain puzzle kata dan 14 ukuran kognitif, seperti memori dan perhatian, pada lebih dari 19 ribu orang dewasa. Mereka berusia 50 hingga 93 tahun.

Beberapa tidak pernah memainkan puzzle kata, sementara yang lain melakukannya kadang-kadang, sering, atau bahkan lebih dari sekali sehari. Untuk setiap ukuran yang diuji, mereka yang tidak pernah bermain teka-teki kata atau hanya bermain sesekali, perkembangan otaknya tampak lebih rendah daripada kelompok lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement