Kamis 17 Feb 2022 12:51 WIB

Ragam Manfaat Vitamin E, Bisa Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin E bisa membantu mengoptimalkan sel B dan sel T untuk kekebalan.

Olahraga di rumah (ilustrasi). Konsumsi vitamin dan olahraga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
Foto: www.freepik.com.
Olahraga di rumah (ilustrasi). Konsumsi vitamin dan olahraga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh manusia secara alami memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Sayangnya, gaya hidup yang kurang membuat daya tahan tumbuh tidak maksimal. Untuk meningkatkannya bisa menggunakan suplemen vitamin.

Di dalam tubuh terdapat sistem kekebalan pada zat asing tertentu, yang dinamakan B-Cell dan T-Cell yang salah satu fungsinya adalah memproduksi antibodi. Namun, ada beberapa hal yang dapat melemahkan sistem imun atau daya tahan tubuh seseorang, misalnya gaya hidup yang kurang sehat, kurang asupan gizi dan lainnya.

Baca Juga

Kurangnya berolahraga serta tidak mengkonsumsi nutrisi seimbang membuat tubuh kekurangan vitamin, mineral dan zat-zat lain yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. Prasna Pramita SpPD, K-AI, MARS, FINASIM mengatakan cara utama untuk melindungi diri dari penyakit adalah dengan memiliki daya tahan tubuh atau sistem imunitas yang kuat.

Daya tahan tubuh atau sistem imunitas merupakan garda pertahanan pertama dari berbagai virus yang menyerang tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi nutrisi seimbang.

"Bila asupan nutrisi kurang seimbang dalam mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, mengonsumsi suplemen yang tepat bisa menjadi solusi dalam menjaga kondisi tubuh kita. Dari beberapa penelitian, vitamin E berperan penting dalam mengoptimalkan kondisi B-Cell dan T-Cell," kata dr. Prasna dikutip pada Kamis (17/2/2022).

Tubuh membutuhkan asupan suplemen salah satunya vitamin E untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk memerangi bakteri dan virus yang datang. Selain itu vitamin E juga membantu melebarkan saluran vena darah yang dapat menghindari risiko pengentalan serta dibutuhkan sel tubuh untuk berinteraksi satu sama lain dalam menjalankan fungsinya.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement