Jumat 11 Feb 2022 15:41 WIB

Seperti yang Dialami Bob Saget: Cedera Kepala Bisa Fatal tanpa Disadari, Tanda Bahayanya?

Hasil autopsi menunjukkan Bob Saget meninggal akibat cedera kepala.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor dan komedian Bob Saget meninggal dunia pada Ahad (9/1/2022). Pembawa Acara Americas Funniest Home Videos itu wafat akibat cedera kepala.
Foto: Richard Shotwell/Invision/AP
Aktor dan komedian Bob Saget meninggal dunia pada Ahad (9/1/2022). Pembawa Acara Americas Funniest Home Videos itu wafat akibat cedera kepala.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyebab kematian Bob Saget akhirnya terungkap setelah autopsi selesai. Aktor dan komedian yang wafat pada 9 Januari 2022 itu rupanya meninggal akibat insiden cedera kepala yang tidak disangka berkembang menjadi fatal.

Dalam sebuah pernyataan, keluarga Saget mengatakan bahwa pihak berwenang menyimpulkan bagian belakang kepala Saget terbentur benda tumpul. Bintang Full House itu sepertinya tidak merasa terlalu sakit sehingga tak memeriksakan cederanya lalu pergi tidur.

Baca Juga

Cedera kepala yang tampaknya tak berbahaya ternyata dapat menyebabkan kematian. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang tanda bahayanya:

Cedera kepala sering terjadi

Seperti yang ditunjukkan oleh National Institutes of Health, kemungkinan besar kepala Anda pernah terbentur sebelumnya. Tingkat keparahan cedera kepala benar-benar memengaruhi keseluruhan.

Anda mungkin memiliki benjolan atau memar ringan. Tengkorak memberikan perlindungan yang kuat, dan cedera kepala ringan sering kali dapat diobati dengan istirahat dan penghilang rasa sakit yang dijual bebas.

Cedera lain termasuk dalam kategori luas cedera otak traumatis atau TBI, yang juga ada dalam spektrum dari ringan hingga parah. Itu termasuk segala sesuatu mulai dari gegar otak hingga patah tulang tengkorak hingga hematoma.

Waspadai gejala lain

Ada banyak tanda cedera kepala sedang hingga berat. Penting untuk mengetahui apa itu dan segera mencari bantuan jika Anda mengalaminya.

Menurut National Institutes of Health (NIH), tanda bahaya cedera kepala meliputi sakit kepala yang semakin parah (atau tidak akan hilang), muntah atau mual berulang, dan kejang. Waspadai juga jika terjadi ketidakmampuan untuk bangun, dan pupil melebar di satu atau kedua mata.

Tanda bahaya lainnya ialah bicara cadel, kelemahan atau mati rasa di lengan atau kaki, kehilangan koordinasi, serta meningkatnya kebingungan, kegelisahan, atau agitasi. Anda mungkin juga kehilangan kesadaran sebentar atau merasa sangat mengantuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement