Rabu 12 Jul 2023 18:45 WIB

3 Tanda Anak Perlu Pertolongan Medis Setelah Kepalanya Terbentur

Gejala biasanya mulai muncul dalam waktu 24 jam setelah cedera kepala.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Anak sakit (ilustrasi). Cedera kepala sedang hingga berat mengindikasikan bahwa otak telah mengalami kerusakan.
Foto: www.hippopx.com
Anak sakit (ilustrasi). Cedera kepala sedang hingga berat mengindikasikan bahwa otak telah mengalami kerusakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat anak mulai aktif bermain, kepala anak terbentur dan benjol mungkin menjadi hal yang dianggap wajar. Namun pakar kedaruratan anak-anak dari Tiny Hearts Eduation, Nikki Jurcutz, mengingatkan bahwa dalam beberapa kasus hal ini perlu segera mendapatkan pertolongan medis.

Jurcutz menjelaskan, ada tiga situasi yang mengharuskan orang tua untuk segera membawa buah hatinya ke rumah sakit. Pertama, jika anak terbentur atau terjatuh lebih dari dua kali tanpa disertai gejala apapun.

Baca Juga

Kedua, jika anak mengalami pingsan setelah cedera kepala. Terakhir, jika anak mengalami cedera kepala lalu muntah lebih dari satu kali.

"Pada situasi itu Anda perlu menelpon ambulans segera setelah anak mengalami benturan di kepala, bahkan jika mereka terlihat baik-baik saja, bahkan jika mereka terlihat tidak mendarat dengan keras, apalagi jika itu adalah sebuah kecelakaan," kata Jurcutz, seperti dilansir The Sun, Rabu (12/7/2023).

Menurut Jurcutz, semua itu adalah tanda-tanda dari cedera kepala sedang hingga berat, yang bisa mengindikasikan bahwa otak telah mengalami kerusakan. Karenanya, penting untuk segera mendapatkan perhatian medis yang benar dan menyeluruh.

Jurcutz juga mengungkapkan apa yang harus dilakukan jika anak mengalami cedera ringan. Untuk kasus ini, orang tua cukup mengobatinya di rumah dengan kompres air dingin selama 10 menit.

"Sambil diawasi, dan pergilah ke dokter jika Anda melihat sesuatu yang mengkhawatirkan," jelas dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement