Sabtu 29 Jan 2022 19:23 WIB

Lama di Depan Laptop, Begini Cara Menghindari Sakit Leher-Pinggang

Sakit leher dan pinggang banyak terjadi saat orang lama bekerja di depan laptop.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Bekerja di rumah saat pandemi (Ilustrasi). Terlalu lama berada di posisi yang sama dapat menyebabkan masalah pada leher dan pinggang.
Foto:

Ketika mengalami masalah tulang leher, orang akan merasa lehernya pegal, kaku, sakit leher lokal atau menjalar, atau lehernya bungkuk. Orang juga bisa terkena gangguan keseimbangan dan kelemahan anggota gerak.

"Kelemahan anggota gerak itu di tangan biasanya. Telapak tangan menjadi lemah, mengancing baju sulit, memegang pulpen sering jatuh, tulisan tangan yang dulunya rapi sekarang jadi berantakan, itu adalah gejala awal dari gangguan di leher yang mengakibatkan otot kita menjadi lemah," ujar Didik.

Bila sudah berat, kondisi bisa mengakibatkan gangguan keseimbangan. Misal berjalan seperti sempoyongan, mudah limbung, atau buang air menjadi terganggu.

Didik mengatakan, ada tiga keluhan yang biasanya timbul di leher, yaitu nyeri aksial, radikulopati servikal, dan mielopati servikal. Nyeri leher aksial dirasakan di leher, belikat, atau punggung bagian atas.

Radikulopati servikal merupakan nyeri yang menjalar dari leher ke pundak, telapak tangan, dan jari-jari. Sedangkan mielopati servikal dapat menyebabkan tangan terasa lemah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement