Rabu 04 Nov 2020 22:35 WIB

7 Gerakan Ini Bantu Ringankan Sakit Leher dan Punggung

Postur tubuh yang buruk saat duduk atau berdiri bisa membuat otot tegang.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Sakit leher (ilustrasi)
Foto: getholistichealth.com
Sakit leher (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Tidak banyak bergerak dapat membahayakan kesehatan. Meskipun kondisi muskuloskeletal, seperti nyeri punggung dan leher dapat muncul tanpa sebab, tapi pilihan gaya hidup yang buruk dan ketidakaktifan dapat meningkatkan risikonya secara signifikan.

Peneliti mengungkapkan, duduk dalam jangka waktu lama bisa menjadi penyebab utama sakit punggung. Terlalu banyak duduk dapat meningkatkan tekanan pada leher, punggung, lengan, kaki, dan menambah tekanan pada otot punggung dan tulang belakang. Untuk itu, banyak orang dengan pekerjaan yang mengharuskan duduk sepanjang hari telah menderita sakit punggung.

Masa-masa kerja dari rumah dan ketidakaktifan fisik telah menimbulkan masalah yang berkaitan dengan ergonomi tempat kerja, seperti kekakuan otot, nyeri punggung, dan leher kronis. Namun, apa pun penyebabnya, memperbaiki postur tubuh dan menambahkan beberapa peregangan dan  latihan penguatan untuk gaya hidup bisa sangat bermanfaat.

Bagaimana memperbaiki kondisi tubuh itu? Dilansir di Times Now News pada Senin (2/11), postur tubuh yang buruk saat duduk atau berdiri, seperti membungkuk atau merosot dapat membuat otot dan tulang belakang tegang. Karena itu, risiko mengalami sakit leher dan punggung meningkat, jika postur tubuh salah.

 

Berikut cara memperbaiki postur. Pertama, duduk tegak dan jangan berbaring telentang. Kedua, jangan menyilangkan kaki. Ketiga, hindari fleksi leher atau lengan.

Keempat, jaga leher pada posisi netral sejajar dengan layar. Kelima, untuk mempertahankan postur netral, gunakan penyangga ergonomis. Keenam, beri diri istirahat gerakan. Ketujuh, latihan sederhana yang dapat dilakukan di meja untuk mencegah sakit leher dan punggung.

Konsultan Senior dan Pimpinan - Penggantian Sendi dan Bedah Arthroscopic, Aster CMI, Bangalore, Thirumalesh K Reddy merekomendasikan beberapa latihan untuk membantu meringankan atau menghindari sakit punggung, leher, dan banyak lagi. Berikut caranya:

1. Putar kepala ke kiri dan biarkan selama dua detik. Kemudian, putar kepala ke kanan dan biarkan selama dua detik. Ulangi untuk beberapa kali.

2. Miringkan kepala ke bahu kanan secara perlahan untuk meregangkan otot di sisi kiri leher. Tahan posisi itu selama lima detik, lalu, miringkan kepala ke sisi kiri untuk meregangkan sisi lainnya. Lakukan itu dua kali untuk setiap sisi.

3. Mulailah dengan lengan ditekuk, tangan di dekat area dada, dan dorong siku ke belakang. Tahan selama lima detik, lalu rileks. Ulangi beberapa kali. Anda juga bisa mengangkat lengan dengan cara yang sama, kali ini dekat ke bahu untuk melatih punggung atas.

4. Putar bahu perlahan dengan cara melingkar dan butuh waktu sekitar lima detik untuk menyelesaikan satu lingkaran. Ulangi beberapa kali.

5. Bahu dan lengan, pertahankan satu lengan terentang horizontal di depan dada.  Dorong lengan ini dengan lengan lainnya ke arah Anda sampai merasakan sedikit ketegangan di bahu. Tahan posisi ini sebentar.

6. Pergelangan tangan, pegang tangan Anda di depan Anda. Angkat dan turunkan tangan secara perlahan untuk meregangkan otot di lengan bawah.

7. Kepalkan jari tangan. Tunggu sebentar. Kemudian rentangkan jari-jari sejauh mungkin. Tahan selama lima detik, lalu rileks.

Sementara itu, tip umum untuk tulang belakang lebih sehat yakni dengan melakukan beberapa jenis aktivitas fisik, dari latihan peregangan sederhana hingga jalan cepat selama 20 menit, dan berbagai postur yoga cukup membantu.

Gerakan itu membantu meregangkan dan menghilangkan rasa sakit. Olahraga teratur membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area yang tegang dan mengurangi kekakuan sendi.

Kedua, terkadang terapi panas ringan membantu meningkatkan fungsi sendi.  Bantalan pemanas atau handuk tebal yang dicelupkan ke dalam air hangat cukup membantu.

Ketiga, pertahankan pola makan bergizi seimbang dengan asupan vitamin, trace element, dan mineral penting, termasuk kalsium yang memadai. Ingat, mempertahankan postur tubuh yang baik saat bekerja dari jarak jauh dan menggunakan produk ergonomis untuk mendukung penyelarasan tulang belakang sekarang sangat penting.

Menjaga kesejajaran tulang belakang yang tepat di semua aspek kehidupan sangat penting untuk mencegah kondisi jangka panjang yang melemahkan tubuh. Kesehatan tubuh total merupakan kunci menjalani hidup lebih lama dan lebih sehat, bebas dari rasa sakit, dan penyakit.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement