Rabu 12 Jan 2022 04:02 WIB

Infeksi Omicron Munculkan Gejala tak Biasa, 3 Jenis Ruam Kulit Bisa Jadi Pertandanya

Kenali tiga jenis ruam kulit yang bisa menjadi pertanda infeksi varian omicron.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Lesi ungu sangat mirip dengan cacar air, campak, atau chilblains tampak pada pasien Covid-19. Gejala kulit ini juga ditemukan pada orang yang terinfeksi varian delta.
Foto:

3. Chilblains alias perniosis

Kondisi terakhir yang berhubungan dengan kulit adalah ruam yang mirip dengan chilblains. Beberapa pasien telah melaporkan lesi ungu atau merah yang menonjol di atas kulit.

Chilblains terlihat mirip dengan Covid toes yang telah lama dilaporkan sebagai gejala orang yang tertular varian lain dari Covid-19. Tampaknya, siapapun dari segala usia bisa mengalami Covid toes.

Meskipun demikian, dalam laporan, tampaknya anak-anak dan remaja lebih menderita dengan kondisi tersebut. Covid toes biasanya tampak sebagai lesi berwarna ungu atau merah di jari-jari kaki pasien.

photo
Beda gejala infeksi varian omicron dan delta. - (Republika)

Selain ruam, data dari aplikasi ZOE menunjukkan bahwa orang dengan omicron mengalami pilek, tenggorokan kering atau gatal, sakit kepala, kelelahan, dan bersin-bersin. Nyeri punggung bawah, nyeri otot, dan keringat malam juga merupakan gejala utama.

Baca juga : Gejala Omicron di Kulit, Bibir, dan Kuku Bisa Jadi Tanda Darurat

"Ini artinya kita perlu menyadari bahwa infeksi omicron telah berubah menjadi penyakit yang lebih dari sekadar pilek," kata professor Tim Spector dari King's College London.

Para ahli di ZOE sebelumnya telah menyusun 21 gejala teratas Covid-19. Karena varian telah berkembang dan berubah, daftar ini juga telah berubah.

Gejala teratas yang harus diwaspadai saat saat ini meliputi pilek, sakit kepala, bersin-bersin, sakit tenggorokan, batuk terus menerus, kelelahan, kehilangan fungsi indra penciuman dan perasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement