Sabtu 08 Jan 2022 08:48 WIB

Cegah Amputasi, Jangan Abaikan Masalah Kaki Diabetesi

Tangani masalah di kaki pengidap diabetes agar tak sampai harus diamputasi.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Reiny Dwinanda
Tes gula darah (Ilustrasi). Diabetes dapat dikendalikan. Waspadai jika terjadi masalah kaki agar tak sampai diamputasi.
Foto:

Penyakit diabetes adalah keadaan yang ditandai dengan lonjakan kadar gula darah yang dipicu oleh resistensi, ketiadaan, atau kekurangan insulin. Gangguan metabolisme ini bersifat kronis dan terkait dengan peningkatan risiko kematian jika tidak ditangani tepat waktu.

Untuk diabetes tipe-2, usia merupakan faktor risiko utama dengan sebagian besar kasus didiagnosis pada orang berusia 60 hingga 74 tahun. Meskipun dapat didiagnosis pada usia yang lebih muda juga, orang dewasa yang lebih tua dengan diabetes memiliki risiko kematian yang lebih tinggi.

Bisakah diet membantu mengelola diabetes?

Penurunan berat badan, meski hanya sedikit, juga berperan penting dalam membantu penyandang diabetes tipe 2 mengelola kadar gula darah mereka. Selain berperan dalam menjaga kesehatan fisik, manajemen diabetes yang baik juga dapat membantu menjaga suasana hati dan tingkat energi penyandang diabetes tipe 2.

Pengidap diabetes disarankan berpegang pada diet rendah karbohidrat. Mengasup makanan dengan indeks glikemik rendah terbukti bermanfaat.

Beberapa makanan terbaik untuk diabetesi antara lain, telur, daging tanpa lemak, produk susu, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong, alpukat, whole grains, bawang putih, buah beri, oat, sayuran hijau, dan ikan berlemak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement