Ahad 28 Nov 2021 00:18 WIB

Tes Duduk-Berdiri, Cara Mudah Prediksi Usia Harapan Hidup

Tes berdiri dengan satu kaki juga dapat memprediksi usia harapan hidup.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Orang duduk menonton TV (ilustrasi). Tes duduk-berdiri dari kursi dapat membantu memprediksi usia harapan hidup seseorang.
Foto:

Setelah melakukan tes awal, para peneliti mengunjungi kembali peserta penelitian 13 tahun kemudian. Bukti yang dikumpulkan menunjukkan kinerja dalam tes sederhana ini merupakan prediktor kecenderungan meninggal akibat kanker atau serangan jantung.

Kedua kondisi risiko ini secara bersama-sama bertanggung jawab atas lebih dari 300 ribu kematian di Inggris, menurut Cancer Research dan British Heart Foundation. Satu-satunya tugas yang menempati urutan teratas dalam daftar peneliti adalah berdiri dengan satu kaki.

Untuk melakukan tes tersebut, minta bantuan orang lain untuk melihat stopwatch. Anda perlu meletakkan tangan di pinggul, berdiri dengan satu kaki, dan tutup mata.

Hentikan penghitungan begitu Anda mulai kehilangan keseimbangan. Ambil rata-rata tiga upaya.

Penelitian dari tahun 1999 menemukan mereka yang cuma bisa berdiri selama dua detik atau kurang, tiga kali lebih mungkin meninggal dalam 13 tahun ke depan. Itu jika dibandingkan dengan mereka yang berdiri selama 10 detik atau lebih.

"Di usia 40-an, Anda harus bisa bertahan 13 detik. Di usia 50-an, Anda akan melakukannya dengan baik untuk mendapatkan lebih dari delapan detik. Pada 60-plus, Anda mungkin akan cuma mampu sekitar empat detik," ujar dr Mosley.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement