Kamis 18 Nov 2021 06:30 WIB

Diabetes Bisa Sebabkan Gagal Ginjal, Cara Mencegahnya?

Banyak orang mengira, konsumsi obat diabetes menyebabkan gagal ginjal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi alat cek gula darah. Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi, salah satunya gagal ginjal.
Foto:

Progresif

Penyakit ginjal karena diabetes sifatnya progresif. Kalau sudah mengalami komplikasi pada ginjal menjadi penyakit ginjal kronik maka kondisinya akan progresif.

"Yang bisa dilakukan memperlambat progresivitas, umumnya bisa," kata Tunggul.

Menurut Tunggul, usaha memperlambat bisa dilakukan pada tahap awal, saat belum ada gejala. Pemeriksaan urine bisa memperlihatkan apakah ginjal sudah sudah terpengaruh oleh diabetes.

"Walau gula darah dikendalikan, pada penyakit ginjal yang sudah lanjut, penyakit ginjal jalan terus. Kita hanya bisa memperlambat progresivitas. Makin tidak dikontrol gula darahnya ya makin cepat lagi perburukannya," ujarnya.

Menurut Tunggul, risiko itu bisa dideteksi dan dikelola dengan baik. Syaratnya, harus ada komunikasi yang baik antara pasien, dokter, dan keluarga dan semua menjalankan fungsinya dengan baik.

Jangan tunggu gejala

Prof Sidartawan mengatakan, ada tiga gejala diabetes, yaitu banyak makan, banyak minum, dan banyak pipis. Sebelum ada tiga gejala tersebut, sebaiknya lakukan screening.

Anda yang memiliki faktor risiko diabetes, seperti riwayat keluarga, gemuk atau obesitas, dan merokok perlu memeriksa kadar gula darah, paling tidak gula darah puasa. Sebaiknya, lakukan skrining sejak dini, tanpa menunggu gejala demi mencegah kerusakan ginjal dan komplikasi.

Dalam pengobatan diabetes, Sidartawan mengatakan, ada lima pilar dalam mengatasinya, yaitu mengontrol pola makan, melakukan aktivitas fisik atau olahraga, minum obat jika diperlukan, kontrol atau cek gula darah, dan mendapatkan edukasi tentang diabetes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement