Rabu 10 Nov 2021 16:26 WIB

Balita Italia Alami Sesak Napas Seusai Konsumsi Madu Mentah

Orang yang menderita hay fever perlu mewaspadai risiko alergi terhadap madu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Madu mentah dapat memicu reaksi alergi yang serius pada orang yang rentan.
Foto:

Para dokter mengatakan bahwa mereka sedang menulis laporan kasus medis pertama mengenai anafilaksis yang dialami seorang anak di bawah usia enam tahun akibat konsumsi madu. Mereka memperingatkan dokter lain untuk mewaspadai kasus potensial, terutama pada mereka yang menderita hay fever alias rhinitis alergi.

Hay fever adalah reaksi alergi terhadap serbuk sari,yang dapat dilepaskan dari sejumlah sumber alami, termasuk pohon atau rumput. Saat ini, tidak ada obat untuk kondisi tersebut, tetapi banyak orang bisa meringankannya atau mengendalikan gejalanya dengan pengobatan.

Dr Joanna Lukawska, seorang spesialis alergi di University College Hospital London, Inggris mengatakan bahwa dia pernah menangani pasien yang memiliki reaksi alergi yang serupa. Pasien juga ada yang pernah mengonsumsi bee pollen sebagai suplemen.

“Kebanyakan orang tidak akan kesulitan menoleransi bee polen, namun pasien dengan hay fever dapat mengembangkan gejala alergi seperti pembengkakan tenggorokan, mulut gatal, atau bahkan anafilaksis," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement