Rabu 10 Nov 2021 16:26 WIB

Balita Italia Alami Sesak Napas Seusai Konsumsi Madu Mentah

Orang yang menderita hay fever perlu mewaspadai risiko alergi terhadap madu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Madu mentah dapat memicu reaksi alergi yang serius pada orang yang rentan.
Foto: www.freepik.com.
Madu mentah dapat memicu reaksi alergi yang serius pada orang yang rentan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Seorang anak laki-laki di Italia yang alergi terhadap serbuk sari dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sesak napas setelah mengonsumsi madu. Dokter melaporkan bahwa balita itu menderita reaksi alergi parah terhadap madu yang bisa mengakhiri hidupnya.

Dalam laporan di Journal of Medical Case Reports, dokter menjelaskan bahwa anak yang tidak disebutkan namanya itu sampai kesulitan bernapas setelah makan salmon dengan madu. Setelah dilarikan ke instalasi gawat darurat, anak itu didiagnosis menderita anafilaksis, reaksi alergi paling parah yang memburuk dengan cepat.

Baca Juga

Hasil tes menunjukkan bahwa bocah berusia lima tahun itu tidak alergi terhadap salmon dan madu komersial. Akan tetapi, ia alergi terhadap madu artisan yang digunakan dalam hidangan.

Madu artisan adalah jenis madu mentah yang tidak melalui proses penyaringan dan pasteurisasi demi mempertahankan khasiat kesehatannya. Jenis madu ini biasanya dijual di pasar petani lokal, toko makanan alami, atau kadang-kadang di supermarket.

Madu mentah mengandung nektar bunga, serbuk sari tanaman yang dikumpulkan dari lebah dan protein lebah, seperti royal jelly yang mungkin jadi pemicu reaksi alergi. Namun, seperti yang dijelaskan oleh para dokter dalam laporan tersebut, madu komersial melewati proses yang menghilangkan sebagian besar serbuk sari.

Anak laki-laki yang diketahui mengalami hay fever sejak usia empat tahun itu dinyatakan positif alergi terhadap ragweed dan mugwort yang merupakan tanaman tempat lebah mengumpulkan serbuk sari. Ini diketahui menyebabkan reaksi alergi yang serius, termasuk gatal, kemerahan, sesak napas, gatal-gatal, bengkak, dan anafilaksis.

"Setelah didiagnosis anafilaksis yang dipicu oleh madu, bocah itu diberi tahu untuk menghindari nektar manis dalam jenis apapun," kata dokter dalam laporannya, seperti dilansir dari The Sun, Rabu (10/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement