Kamis 07 Dec 2023 23:23 WIB

Cara Bikin Fermentasi Bawang Putih-Madu, Cocok untuk Atasi Pilek dan Flu

Fermentasi bawang putih dalam madu adalah racikan sempurna untuk atasi pilek dan flu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Madu (ilustrasi). Fermentasi bawang putih dalam madu cocok untuk mengatasi pilek dan flu.
Foto: www.pixabay.com
Madu (ilustrasi). Fermentasi bawang putih dalam madu cocok untuk mengatasi pilek dan flu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim pilek dan flu sudah tiba. Banyak orang kembali rentan terserang flu, pilek, dan sakit tenggorokan. Di media sosial, banyak muncul tips untuk pengobatan rumahan yang dijanjikan dapat membantu mengatasi kondisi tersebut.

Salah satunya adalah ilmuwan Inggris bernama Tim Spector yang melalui akun Instagram-nya membagikan ramuan khusus. Menurut Spector, fermentasi bawang putih dalam madu adalah racikan sempurna untuk mengatasi pilek dan flu. Dia juga membagikan metode membuanya.

Baca Juga

Caranya, tempatkan beberapa siung bawang putih yang sudah dikupas ke dalam satu stoples madu. Tutup rapat wadahnya dan letakkan di tempat gelap untuk difermentasi. Balikkan posisi stoples setiap hari untuk memastikan siung bawang putih tetap terendam dan buka stoples sejenak setiap beberapa hari.

Agar bisa berfermentasi sepenuhnya, racikan itu perlu dibiarkan selama sepekan, namun bisa lebih lama jika hawa lebih dingin. Spector mengatakan, bawang putih-madu itu akan terus berfermentasi jika semakin lama dibiarkan.

Racikan akan bertahan selama satu tahun atau lebih di luar lemari es. Hasil fermentasi bawang putih-madu bisa dimakan begitu saja, ditambahkan ke makanan sebagai saus salad, ditaburkan di atas sayuran panggang, atau cara lainnya.

"Bawang putih mengandung serat inulin probiotik untuk mendukung kesehatan usus dan diduga memiliki sifat antimikroba dan antivirus yang dapat membantu melawan pilek dan flu. Demikian pula madu terbukti meningkatkan pemulihan dari batuk," kata Spector.

 

Campuran ini terdengar seperti penyelamat, tapi apa pendapat ahli lain tentang fermentasi bawang putih dan madu? Inspektur Apoteker di Chemist Click, Abbas Kanani, sepakat bahwa madu dan bawang putih sangat bagus untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Dikutip dari laman Metro, Kamis (7/12/2023), Kanani mengatakan bahwa baik bawang putih maupun madu telah terbukti memberikan manfaat kesehatan sepanjang tahun dan melindungi tubuh di musim pilek dan flu. Kandungan sehat utama dalam bawang putih adalah allicin, sulfur, dan bahan kimia lain dengan sifat antibakteri.

Sementara itu, madu secara alami kaya akan antioksidan yang disebut flavonoid dan polifenol yang membantu melawan peradangan di tubuh, menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit. Madu juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Namun, Kanani memperingatkan untuk berhati-hati saat melakukan fermentasi. Terlebih, fermentasi bawang putih. Pasalnya, bawang putih yang difermentasi cenderung akan memiliki kandungan natrium yang lebih tinggi dibandingkan bawang putih mentah biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement