Rabu 10 Nov 2021 14:01 WIB

Cara Ukur Tekanan Darah tanpa Tensimeter

Tekanan darah bisa diukur secara mandiri di rumah tanpa alat bantu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Mengukur tekanan darah dengan tensimeter digital (ilustrasi). Tekanan darah juga bisa diukur tanpa menggunakan tensimeter.
Foto:

Kalau memiliki alat tensimeter, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan hasil pengukuran yang optimal. Salah satu di antaranya adalah selalu menggunakan lengan yang sama, namun gunakan kedua lengan ketika baru mulai mengukur tekanan darah.

Jangan membulatkan angka ke atas atau ke bawah ketika mendapatkan hasil tekanan darah. Jangan pula terlalu mengkhawatirkan fluktuasi kecil pada tekanan darah.

Lakukan pengukuran tekanan darah di waktu yang sama setiap kali melakukan pengukuran. Hindari melakukan pengukuran tekanan darah setiap hari.

Upayakan kondisi diri senyaman dan sesantai mungkin ketika melakukan pengukuran tekanan darah. Setelah berada pada posisi rileks, istirahat terlebih dahulu selama lima menit sebelum mulai menggunakan alat tensimeter.

Yang juga perlu dilakukan agar tekanan darah terkontrol adalah meminum obat secara rutin. Jangan lewatkan obat meski pengukuran tekanan darah menunjukkan hasil yang rendah.

Hasil pengukuran tekanan darah dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti berat badan, jenis kelamin, masalah kesehatan penyerta, serta usia. Agar hasil pengukuran akurat, lakukan pengukuran tekanan darah di waktu dan lokasi lengan yang sama setiap kali melakukan pengukuran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement